Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Abstrak Skripsi (3 Judul)

Abstrak Skripsi (3 Judul)

Source : komentarmu.com

Berikut ini adalah contoh abstrak dari sebuah skripsi. Buat kalian mahasiswa semester akhir kalian pasti biasanya nyari referensi skripsi untuk tambahin wawasan kalian dalam membahas skripsi kalian. Nah kalau kalian ke perpus baik itu yang offline atau sudah online kalian gak perlu lama-lama karena baca semua isi skripsi. Dengan adanya abstrak kalian akan sangat terbantu dalam menemukan skripsi-skripsi yang berhubungan dengan penelitian yang akan kalian lakukan. Berikut kami berikan contoh abstrak skripsi berbahasa Indonesia.

 

 Contoh Abstrak #1

 

PENGARUH STUDENT FACILITATOR & EXPLAINING BERORIENTASI TRI HITA KARANA PADA HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan pada hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan dengan model Student Facilitator and Explaining Berorientasi Tri Hita Karana dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan model Student Facilitator and Explaining Berorientasi Tri Hita Karana pada kelas V Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Sidemen Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu yang menggunakan desain non-equivalent post-test only control group design. Seluruh siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Sidemen merupakan popukasi dari penelitian ini. Sampel yang digunakan adalah kelas V dari SDN 1 Sidemen sebagai kelas eskperiman dan kelas V dari SDN 3 Sidemen sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes. Instrumen yang digunakan berupa tes objektif pilihan ganda. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). hasil penelitian menunjukan rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining berorientasi Tri Hita Karana sebesar 23,12. Kemudian rata-rata skor hasil belajar IPA siswa yang tidak menggunakan model Student Facilitator and Explaining berorientasi Tri Hita Karana sebesar 14,11. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t menunjukan thitung > ttabel (thitung= 4,946 > ttabel=1,99962). Berdasarkan hasil penelitian  tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar IPA siswa yang diajar dengan model Student Facilitator and Explaining berorientasi Tri Hita Karana dan siswa yang tidak diajarkan dengan model Student Facilitator and Explaining  berorientasi Tri Hita Karana pada kelas V Sekolah Dasar di Gugus II Kecamatan Sidemen Tahun Pelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci: hasil belajar, IPA, SFAE, Tri Hita Karana

 

 

 Contoh Abstrak #2

 

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eskperimen semu (quasi- experiment) dengan rancangan penelitian adalah Non Equivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling dan diperoleh Sekolah Dasar No. 2 Anturan sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 23 orang siswa dan Sekolah Dasar No. 4 Kaliasem sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 24 orang siswa. Hasil belajar IPA yang dihasilkan dari tes hasil belajar dengan bentuk objektif dikumpulkan sebagai data. Kemudian data tersebut diolah dengan menggunakan analisis statistik inferencial (uji-t polled varians). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung = 5,12 lebih besar dari ttabel (pada taraf signifikansi 5%) = 2,14. Dilihat dari hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation adalah 21,48 lebih besar dari rata-rata hasil belajar IPA kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation yaitu 15,25. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Bagi peneliti selanjutnya digharapkan agar memperhatikan kendala-kendala yang dialami dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation khususnya dalam ilmu IPA sebagai bahan pertimbangan untuk perbaikan dan penyempurnaan penelitian yang akan dilaksanakan.

 

Kata kunci: kooperatif tipe group investigation, dan hasil belajar IPA.

 

 Contoh Abstrak #3

 

PENGARUH WORD SQUARE TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA SEKOLAH DASAR

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh yang signifikan keterampilan berbicara antara siswa yang menggunakan model pembelajaran Word Square dan siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Word Square pada siswa kelas III di SDN Gugus XI Kecamatan Kuta Selatan 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental dengan menggunakan non-equivalent post-test only  control group design. Sampel penelitian berjumlah 46 siswa, yang terdiri dari 23 siswa kelas III SDN 2 Jimbaran sebagai kelompok eksperimen dan 23 siswa kelas III SDN 2 Pecatu sebagai sebagai kelompok kontrol. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling. Instrumen dengan bentuk tes unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data berupa nilai siswa. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisa statistika deskriptif dan analisa statistik inferensial (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor keterampilan berbicara kelompok eksperimen adalah 22,03. Sedangkan rata-rata skor keterampilan berbicara kelompok kontrol adalah sebesar 16,32. Dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan uji-t menunjukkan bahwa thitung > ttabel (thitung = 6,9124 > ttabel =3,215). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Word Square berbantuan media gambar pada kelas III di SD Gugus XI Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata-kata kunci: keterampilan berbicara , Word Square, tes performance.

Posting Komentar untuk "Abstrak Skripsi (3 Judul)"