Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Abstrak Jurnal

Contoh Abstrak Jurnal

Source : bocahkampus.com

Jurnal pada contoh di bawah ini membahas tentang Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi.

Abstraknya adalah sebagai berikut:

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data observasi yang menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada materi IPA sangat rendah. Untuk merespon hal itu maka peneliti melakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan yang hendak dicapai pada penelitian ini antara lain : (1) Mengetahui pelaksanaan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar pada siswa, (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan metode eksperimen pada siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart.

Penelitian ini dilakukan pada kelas 4 dengan jumlah siswa sebanyak 44 orang. Penelitian ini mengukur seluruh ranah yang ada pada hasil belajar, yaitu : kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil penelitian menunjukan peningkatan pada setiap ranah di tiap siklusnya. Dengan metode eksperimen siswa mendapatkan pengalaman belajar langsung sehingga pembelajaran lebih menarik dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari data maka direkomendasikan kepada para guru untuk menggunakan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di SD untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci: hasil belajar, metode eksperimen

Penjelasan:

 

  • Latar Belakang pada abstrak dijelaskan pada paragraf 1 kalimat ke-1 sampai kalimat ke-3.
  • Metode pada abstrak dijabarkan pada paragraf 1 kalimat ke-4 dan paragraf 2 kalimat ke-1 dan 2.
  • Hasil dari penelitian dijabarkan pada paragraf 2 kalimat ke-3 dan 4.
  • Kesimpulan pada abstrak dijabarkan pada paragraf 2 kalimat ke-5

Posting Komentar untuk "Contoh Abstrak Jurnal"