Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Abstrak Penelitian Kualitatif

Contoh Abstrak Penelitian Kualitatif

Source : komentarmu.com

Penelitian dapat dibagi menjadi berbagai jenis diantaranya kualitatif, kuantitatif, peneitian, dan pengembangan, penelitian tindakan kelas, dan jenis penelitian lainnya. Namun beberapa yang telah disebutkan sebelumnya adalah penelitian yang paling familiar dalam dunia kampus serta pendidikan secara umum. Penelitian diatas dibedakan oleh beberapa faktor seperti objek dari penelitian, metode yang digunakan, dan tujuan dari penelitian itu sendiri. Nah berikut ini kita berikan contoh abstrak penelitian kualitatif. Simak contoh abstrak penelitian kualitatif berikut ini.

 

Contoh Abstrak Kualitatif #1

ANALISIS PROSEDUR PENYELESAIAN KREDIT BERMASALAH PADA UNIT USAHA BUMDES JAYA DESA EKA SARI, JEMBRANA

 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana prosedur penyaluran kredit unit usaha simpan pinjam BUMDES Jaya Desa Eka Sari, (2) mengapa prosedur penyaluran kredit tidak mampu mencegah terjadinya kredit macet, (3) bagaimana tindakan yang dilakukan oleh BUMDes dalam mengatasi kredit macet. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara langsung dengan pengurus BUMDes “Jaya” Desa Eka Sari.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan 1) reduksi data, 2) penyajian data, 3) analisis data dan penarik simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Prosedur penyaluran kredit pada BUMDes Jaya sudah mengikuti prosedur yang baku dan sudah lazim. Serta proses pengajuan kredit sudah dilaksanakan secara terstruktur. (2)Prosedur penyaluran kredit  tidak mampu mencegah terjadinya kredit macet karena disebabkan dari pihak Nasabah yaitu sebagai berikut: Karakter Buruk, Kurangnya pemahaman masyarakat tentang kredit BUMDes, Penyalahgunaan Dana yang Telah Diberikan, Bencana Alam dan Perubahan Iklim yang Tidak Menentu. (3) Tindakan yang dilakukan oleh BUMDes Jaya dalam mengatasi Kredit Macet yaitu dengan melakukan suatu Pendekatan Edukatif, yaitu suatu pendekatan yang berasaskan kekeluargaan dan kebersamaan.

 

Kata Kunci:prosedur penyelesaian kredit, kredit bermasalah, pendekatan edukatif, BUMDes.

 

Contoh Abstrak Kualitatif #2

KEBERADAAN MEDITASI BIO ENERGI RATU BAGUS UNTUK MENGOBATI INSOMNIA

 

ABSTRAK

 

 Di masyarakat, ada kecenderungan menurunnya kesehatan tidak selalu sejalan dengan peningkatan usia, justru banyak orang-orang pada usia produktif (muda) mengalami berbagai macam penyakit yang biasanya menyerang orang tua, dimana salah satu penyakitnya susah tidur (insomnia) Pengobatan alternatif merupakan salah satu pilihan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan seperti Meditasi Bio Energi Ratu Bagus.

Permasalah penelitian ini dituangkan dalam beberapa pertanyaan pokok sebagai berikut. (1) Mengapa Meditasi Bio Energi Ratu Bagus eksis untuk mengobati insomnia. (2) Bagaimana tatacara Meditasi Bio Energi Ratu Bagus. (3) Apa saja implikasi setelah melakukan Meditasi Bio Energi Ratu Bagus. Pada prinsipnya tujuan penelitian ini adalah hendak memahami dan mendeskripsikan tatacara dan implikasi Meditasi Bio Energi Ratu untuk mengobati insomnia.

Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Kualitatif, dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi. Dilaksanakan di Asharam Ratu Bagus, Desa Muncan, Kecamatan Selat, Karangasem, dengan pengumpulan data secara primer dan skunder. Kemudian dilakukan analisis dan interprestasi data yang telah diseleksi, untuk kemudian ditarik seuatu kesimpulan. Selanjutnya dilakukan penulisan dan konstruksi hasil penelitian.

Berdasarkan kajian yang sudah dilakukan dapat disimpulkan sebagai berikut. 1) Eksisnya Meditasi Bio Energi Ratu Bagus untuk mengatasi insomnia di Ashram Ratu Bagus disebabkan oleh: a) keyakinan masyarakat mendapatkan kesembuhan, b) adanya keistimewaan bagi Orang bali membayar sukarela, c) ingin menggunakan pengobatan tradisional dan d)  mendapatkan pelayanan yang ramah. 2) Tata cara Meditasi Bio Energi Ratu Bagus untuk mengatasi insomnia: melakukan penglukatan terlebih dahulu di Archa Ganesha, selanjutnya para peserta memasuki taman latihan (center),  Sebelum memulai latihan para peserta mengucupkan salam kepada tiga pribadi yaitu a) Om Swastyastu Swastyastu Ratu Bagus, b) Om Swastyastu Bhatara Lingsir Ring Gunung Agung, c) Om Swastyastu Bhatara Surya. Dilanjutkan dengan tehnik Shaking. Dalam latihan shaking sikap telapak tangan terbuka smabil menghadap kedepan kea rah foto Ratu Bagus. Lalu berkonsetrasi dengan getaran yang dilakukan.3) Imfilikasi setelah melakukan Meditasi Bio Energi Ratu Bagus bervariasi yaitu blok – blok peredaran darah menjadi lebih lancar, lebih merasa bahagia, jarang sakit, merasa lebih sehat, pikiran menjadi lebih tenang dan lebih mengsyukuri hidup.

 

Kata kunci : Eksistensi, Meditasi Bio Energi Ratu Bagus, dan insomnia.

 

 

Contoh Abstrak Kualitatif #3

 

ABSTRAK

Kehamilan, persalinan, masa nifas dan bayi baru lahir merupakan proses yang fisiologis, namun dalam perjalanannya setiap ibu hamil dapat mengalami keluhan lazim, serta riwayat obstetri ibu sebelumnya yang berpotensi menimbulkan masalah agar segera diberikan asuhan yang sesuai dengan standar, sehingga kehamilan trimester III, persalinan, bayi baru lahir dan nifas ibu “LN” dapat berlangsung secara fisiologis. Tujuan penulisan laporan tugas akhir ini adalah mengetahui hasil asuhan kehamilan pada ibu “LN” dari kehamilan trimester ketiga, persalinan, nifas, neonatus dan bayi yang diberikan asuhan kebidanan. Hasil penulisan menunjukkan bahwa masa kehamilan ibu termasuk kehamilan yang fisiologis, namun asuhan yang diberikan tidak sesuai dengan standar, karena ibu tidak melakukan pemeriksaan Hb. Proses persalinan dapat berlangsung secara fisiologis namun inisiasi menyusui dini tidak berhasil dilakukan. Perubahan lokia, penurunan tinggi fundus uteri, dan laktasi ibu berlangsung fisiologis, masa nifas ibu “LN” berlangsung secara fisiologis dan asuhan pada nifas sesuai dengan standar asuhan kebidanan.  Secara fisiologis, perkembangan neonatus berlangsung hingga bayi berumur 42 hari. Diharapkan laporan tugas akhir ini dapat mampu memberikan pengalaman langsung bagi mahasiswa kebidanan dengan memberikan asuhan secara kompeherensif dari masa kehamilan trimester III sampai 42 hari masa nifas.

 

Kata kunci: kehamilan; persalinan; 42 hari masa nifas; neonatus; bayi

 

Posting Komentar untuk "Contoh Abstrak Penelitian Kualitatif"