Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Abstrak Skripsi Kuantitatif

Contoh Abstrak Skripsi Kuantitatif

Source : komentarmu.com

Selain kualitatif, kami menyajikan contoh abstrak skripsi kuantitatif, simak contoh abstrak kuantitatif berikut ini.

 

Contoh Abstrak Kuantitatif #1

 

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS DEGAN MENGGUNAKAN MODEL ADDIE

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran IPS berwawasan budaya Bali. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah 1 orang guru kelas III dan 26 orang siswa kelas III. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas perangkat pembelajaran adalah lembar penilaian perangkat pemelajaran dari ahli untuk aspek validitas, serta angket respon guru dan angket respon siswa untuk menilai perangkat pembelajaran yang diterapkan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan perangkat pembelajaran berupa 1 materi IPS, 7 RPP, dan 7 LKS yang telah dikembangkan dengan berwawasan budaya Bali, materi yang dikembangkan yaitu materi “jenis-jenis pekerjaan dan pentingnnya semangat kerja”, 2) produk ini sudah divalidasi oleh ahli IPS, ahli desain pembelajaran, ahli budaya Bali, ahli evaluasi dan pendidikan, diperoleh hasil dengan nilai CVR dan CVI yaitu 1,00 yang dapat dikategorikan “valid” dan layak untuk diujicoba, 3) produk ini telah diujicobakan secara terbatas di kelas III dan hasil produk ini yaitu dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap cinta budaya Bali siswa dengan nilai rata-rata hasil belajar dari pertemuan 1, 2, dan 3 yaitu 74,69, 82,69, dan 95,85, serta peningkatan rata-rata sikap cinta budaya Bali siswa dari pertemuan 1, 2, dan 3 yaitu 70,23, 80,19, dan 92,42.

 

Kata kunci: perangkat pembelajaran, budaya Bali, hasil belajar

 

 

Contoh Abstrak Kuantitatif #2

 

PENGARUH IMPLEMENTASI  EFEKTIVITAS VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA

 

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dari penggunaan Value Clarification Technique dengan bantuan media sederhana terhadap hasil belajar PKn siswa kelas IV, serta mengetahui perbedaan signifikanya terhadap hasil belajar siswa yang tidak menggunakan metode Value Clarification Technique atau pembelajaran konvensional. Jenis peneltian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan rancangan penelitian menggunakan desain penelitian post-test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD gugus II Kecamatan Mendoyo Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 143 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas IV SD Negeri 2 Pohsanten sebagai kelompok eksperimen yang berjumlah 24 siswa dan kelas IV SD Negeri 2 Mendoyo Dangin Tukad sebagai kelompok kontrol yang berjumlah 23 siswa. Data hasil belajar PKn dikumpulkan dengan metode tes yaitu tes pilihan ganda. Data dianalisis  menggunakan uji t-Brunning dan Anava satu jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana efektif pengaruhnya terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III dengan hasil 4,19, 2) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar PKn siswa yang mengikuti Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas IV dengan Fhitung= 501,32 > Ftabel= 4,08. Berdasarkan hasil di atas, dapat disimpulkan bahwa Value Clarification Technique (VCT) berbantuan media sederhana berpengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas III di Gugus XIV Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: VCT, media sederhana, hasil belajar PKn

 

Contoh Abstrak Kuantitatif #3

 

PENGARUH SIGNIFIKAN DARI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus I Sukasada Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh sekolah negeri,siswa kelas V SD Gugus I Sukasada yang terdiri dari 3 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 96 siswa. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 62 siswa, 32 siswa kelas V SD Negeri 1 Sukasada sebagai kelompok eksperimen dan sebanyak 30 siswa kelas V SD Negeri 2 Sukasada sebagai kelompok kontrol. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok control ditentukan dengan teknik random sampling. Pengumpulan data hasil belajar IPA dilakukan dengan metodete dan instrumen yang digunakan yaitu berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh di analisis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis diperoleh ๐‘กโ„Ž๐‘–๐‘ก๐‘ข๐‘›๐‘” = 3,750 > ๐‘ก๐‘ก๐‘Ž๐‘๐‘’๐‘™ = 2,000, pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan (dk) = 32 +30 –2 = 60. Sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik berbantuan media audio visual dengan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional siswa kelas V SD Gugus I Sukasada Tahun Ajaran 2015/2018. Nilai rata-rata hasil belajar IPA pada kelompok eksperimen yaitu 0,80 dan kelompok control yaitu 0,65. Perhitungan hasil belajar IPA dalam gain skor pada kelompok eksperimen yaitu 0,80 (kategori tinggi) dan kelompok kontrol 0,65 (kategori sedang). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan saintifik berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Sukasada Tahun Ajaran 2015/2016.

 

Kata-kata kunci : saintifik, audio visual, hasil belajar IPA.

Posting Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi Kuantitatif"