Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Abstrak Skripsi / Tugas Akhir

Contoh Abstrak Skripsi / Tugas Akhir

Source : bocahkampus.com

Skripsi pada contoh di bawah ini membahas tentang Efektivitas Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) dalam Pengajaran Pola Kalimat Bahasa Jepang.

Abstraknya adalah sebagai berikut:

ABSTRAK

Pembelajaran pola kalimat merupakan salah satu kendala yang dialami oleh siswa dalam mempelajari bahasa asing. Begitu pula dengan bahasa Jepang, banyak siswa yang merasa kesulitan dalam memahami pola kalimat. Hal inilah yang melatarbelakangi penulis untuk mengajarkan pola kalimat bahasa Jepang dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana efektivitas metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pengajaran pola kalimat bahasa Jepang di kelas X SMA Negeri 6 Bekasi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true experimental. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Bekasi, dan sampel penelitian berjumlah 70 orang siswa. 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 35 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian dilakukan sebanyak empat kali pertemuan di kelas eksperimen dan empat kali pertemuan di kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes (pre-test dan post-test) penguasaan pola kalimat bahasa Jepang sebanyak 30 soal. Selain itu, digunakan juga instrumen berupa angket yang berisi 9 pertanyaan.

Berdasarkan hasil pengolahan data, hasil tes kemampuan penguasaan pola kalimat bahasa Jepang pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,00. Sedangkan hasil tes kemampuan penguasaan pola kalimat bahasa Jepang pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 50,97. Nilai thitung yang diperoleh adalah 11,35 sedangkan nilai ttabel adalah 2,00 untuk derajat db = 5% dan 2,65 untuk derajat db = 1%. Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari nilai ttabel, maka terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan metode kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar pola kalimat bahasa Jepang. Hal ini menunjukkan bahwa pengajaran pola kalimat bahasa Jepang dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih efektif dengan nilai rata-rata normalized gain sebesar 0,775 dibandingkan dengan menggunakan metode ceramah dengan nilai rata-rata normalized gain sebesar 0,376.

Berdasarkan hasil pengolahan data angket, diketahui bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar pola kalimat bahasa Jepang, memudahkan siswa dalam memahaminya karena pembelajaran dilakukan bersama teman sebaya sehingga proses belajar menjadi menyenangkan. Siswa juga termotivasi dalam mempelajari bahasa Jepang.

Kata Kunci : kooperatif tipe STAD, metode pembelajaran, pola kalimat

 

Penjelasan:

  • Latar belakang pada abstrak tersebut dapat kamu baca di paragraf 1
  • Metode yang digunakan pada penelitian tersebut dijabarkan di paragraf ke 2
  • Hasil penelitian dijabarkan di paragraf ke 3
  • Kesimpulan pada abstrak dituliskan di paragraf ke 4

Posting Komentar untuk "Contoh Abstrak Skripsi / Tugas Akhir"