Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Artikel atau ARTIKEL ILMIAH?

Apa itu Artikel / Artikel Ilmiah ?

Source : bola.com

Artikel adalah jenis tulisan yang berisi pendapat, gagasan, pikiran, hingga kritik terhadap suatu persoalan yang sedang berkembang di masyarakat.

Jadi, artikel merupakan sebuah karya tulis yang berisi pendapat mengenai fakta, fenomena, data, hingga kejadian tertentu yang ditulis menggunakan bahasa ilmiah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), artikel merupakan suatu karya tulis yang ditulis secara lengkap.

Adapun tujuan secara umum dari pembuatan artikel ialah untuk memengaruhi, mendidik, memberitahu, meyakinkan, serta menghibur pembacanya.

Artikel tersebut biasanya dipublikasikan di suatu media, mulai buletin, majalah, koran hingga website.

Nah, untuk memahami lebih jelas tentang artikel, bisa membaca pengertian dari para ahli, ciri-ciri, kaidah kebahasaan hingga strukturnya.

Berikut ini rangkuman tentang pengertian artikel menurut ahli, ciri-ciri, tujuan, manfaat, kaidah kebahasaan hingga strukturnya, seperti dilansir dari laman Gurupendidikan dan Serupa, Rabu (10/3/2021).

 

Pengertian Artikel Menurut Ahli

  • Sumandiria

Artikel adalah suatu karya tulis lepas berisikan sebuah opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh tentang masalah atau objek yang bersifat aktual, dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, memengaruhi, dan meyakinkan pembaca.

  • Al-Aqli

Artikel ialah suatu tulisan yang telah ditulis oleh masing–masing disiplin ilmu. Setiap artikel akan membahas suatu masalah hingga selesai dengan cara tuntas, lugas serta jelas sehingga para pembaca bisa mengambil intisari dari suatu karangan yang telah ditulis oleh sang penulis.

  • Ensikologipedia Pers Indonesia

Artikel ialah suatu karangan prosa di dalam media massa dengan pembahasan pokok masalah yang dibahas secara lugas.

  • Rillan E. Wolseley

Artikel ialah suatu karangan tertulis dengan panjang yang tidak ditentukan dengan tujuan untuk menyampaikan gagasan serta fakta dengan maksud mendidik, menghibur, dan meyakinkan.

  • Andi Baso Mappatato

Artikel adalah karya tulis yang lengkap, tulisan nonfiksi, serta karangan tertulis yang memiliki panjang tidak menentu.

Posting Komentar untuk "Apa itu Artikel atau ARTIKEL ILMIAH?"