Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja yang Dicantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup?

Apa Saja yang Dicantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup?

Source : detik.com


Salah satu ketentuan penting dalam pembuatan daftar riwayat hidup adalah mencantumkan beberapa informasi wajib. Kalau begitu, apa saja yang wajib ada di dalam CV Detikers?

1. Identitas diri

Informasi ini wajib ada di dalam daftar riwayat hidup. Biasanya, identitas diri yang diminta adalah nama, alamat tinggal saat ini, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, alamat email, nomor HP yang aktif, dan beberapa info lain yang mencakup data diri umum Detikers.

2. Riwayat pendidikan

Informasi tentang riwayat atau latar belakang pendidikan ini biasanya mencantumkan apa saja instansi dan tingkat pendidikan yang pernah kamu tempuh.

Urutkan mulai dari tingkat pendidikan paling rendah atau paling awal sampai dengan tingkat pendidikan terakhirnya. Contohnya dari TK, SD, SMP, SMA, sampai perguruan tinggi.

Selain pendidikan formal, pendidikan nonformal yang pernah kamu tempuh juga perlu dicantumkan di dalam bagian ini. Contohnya kursus yang pernah kamu ikuti.

3. Pengalaman kerja

Kalau Detikers pernah bekerja sebelumnya, kamu wajib cantumkan informasi tersebut di bagian ini. Uraikan dengan singkat dengan menuliskan di mana kamu pernah bekerja, apa posisi yang kamu miliki, durasi waktunya, serta tanggung jawab yang kamu pegang selama bekerja di sana.

4. Pengalaman berorganisasi

Apabila kamu belum pernah bekerja sebelumnya sehingga kamu tidak punya pengalaman kerja, kamu bisa cantumkan informasi pengalaman berorganisasi di dalam daftar riwayat hidup. Biasanya ini dilakukan oleh para fresh graduate.

5. Keahlian khusus

Meskipun ada di nomor 5, poin ini jangan sampai Detikers sepelekan, ya. Soalnya, informasi tentang keahlian khusus ini bisa menjadi faktor yang membuatmu dinilai "lebih" oleh pihak HRD perusahaan yang kamu lamar.

Kalau keahlian khususmu berkaitan dengan posisi yang kamu lamar dan dianggap oke oleh HRD, tentu saja peluang untuk lolos ke tahap selanjutnya juga lebih besar.

Posting Komentar untuk "Apa Saja yang Dicantumkan dalam Daftar Riwayat Hidup?"