Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Berita Acara

Cara Membuat Berita Acara

Banyak orang yang masih bingung mengenai bagaimana cara membuat sebuah berita acara. Khususnya bagi mereka yang tidak memiliki background dari lulusan program studi Bahasa dan Sastra Indonesia.

Tenang saja, kami akan memberikan langkah-langkah dalam membuat sebuah berita acara yang nantinya bisa dijadikan sebagai bukti otentik suatu kegiatan.

Beberapa macam penyusunan berita acara seperti berita acara peristiwa, serah terima barang/pekerjaan, seminar, pelantikan, kepemilikan, ataupun jual beli suatu barang memiliki format yang hampir sama. Agar apa yang disampaikan di dalam isian berita acara tersebut sesuai dengan kejadian, maka si pembuat berita acara harus mencantumkan poin-poin pentingnya.

Berikut ini adalah poin-poin penting yang harus tercantum di dalam berita acara.

  • Semua pihak yang berkepentingan di dalam acara atau kegiatan harus dicatat dengan detail. Pada umumnya terdiri dari nama,  jenis kelamin, tempat tanggal lahir, alamat rumah, pekerjaan, jabatan, dan poin-poin lainnya yang sekiranya dapat menambah kevalidan suatu informasi. Jangan lupa untuk mencantumkan nomor identitas seperti KTP/SIM/NPWP/NIP atau sejenisnya sesuai dengan keterkaitan berita acara kegiatannya.
  • Pastikan untuk mencantumkan kronologi atau latar belakang yang mencakup waktu kejadian (jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun). Waktu kejadian tersebut harus ditulis dalam bentuk penyebutan kata-perkata.
  • Pastikan untuk mencantumkan tempat kejadian/peristiwa dilaksanakannya kegiatan tersebut. Ini bisa berupa detail seperti alamat lengkap sampai dengan kode pos.
  • Sebagai dokumen administrasi resmi, dokumen berita acara harus ditandatangani oleh pihak-pihak yang berkepentingan atau pihak-pihak yang berwenang yang terlibat dalam acara tersebut.
  • Pastikan untuk mencantumkan saksi jika diperlukan untuk menjaga keabsahan berita acara tersebut.
  • Lebih memperhatikan untuk jenis berita acara serah terima barang, jabatan, dan pekerjaan. Dalam penyusunan berita acaranya, pihak dan mengenai jenis yang akan diserah terimakan harus dijelaskan secara detail.

Membuat berita acara tidak boleh dianggap remeh dan malah asal-asalan. Ini menyangkut profesionalitas kerja. Maka, dalam pembuatnya, kita harus benar-benar memperhatikan poin-poin penting dalam berita acara tersebut.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Berita Acara"