Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Kegiatan Sekolah Model

Contoh Laporan Kegiatan Sekolah Model

Source : pintek.id


SMKN 2 TANGERANG SELATAN

LAPORAN KEGIATAN SEKOLAH MODEL

TAHUN AJARAN 2020/2021

Pendahuluan

Penerapan program kualitas pembelajaran di tingkat satuan sekolah model SMKN 2 Tangerang Selatan telah dicoba. Hal itu dilakukan berkat dorongan dari berbagai pihak dan dukungan pemberian dana dari Pemerintah untuk membiayai segala kegiatan program pembelajaran.

Program ini dilakukan untuk mengembangkan sekolah model agar dapat mengaplikasikan SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal). SPMI meliputi seluruh aspek penyelenggaraan pendidikan dan memanfaatkan sumber daya untuk mencapai SNP (Standar Nasional Pendidikan).


Tujuan Kegiatan

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mendukung penyelenggaraan SPMI pada sekolah model SMKN 2 Tangerang Selatan. Kemudian, Bantuan Pemerintah (Bantah) Pengembangan Sekolah Model bertujuan untuk memfasilitasi pelaksanaan SPMI di SMKN 2 Tangerang Selatan.


Waktu dan Tempat Kegiatan

Adapun waktu dan tempat penyelenggaraan kegiatan ini adalah:

Tanggal kegiatan : Senin, 23 November 2020

Tempat kegiatan : SMKN 2 Tangerang Selatan

Peserta Kegiatan : para siswa/i Sekolah Model


Anggaran Biaya Kegiatan

Kegiatan ini kurang lebih memerlukan anggaran biaya sekitar Rp5.000.000.

Pelaksanaan Kegiatan Sekolah Model

08.00 WIB – 08.30 WIB : Penerimaan peserta kegiatan

08.30 WIB – 10.00 WIB : Pembukaan/ penjelasan mengenai Sekolah Model

10.00 WIB – 10.30 WIB : Pemberian materi tentang SPMI

11.30 WIB – 13.00 WIB : Istirahat, sholat, dan makan (Ishoma)

13.00 WIB – 16.00 WIB : Penjelasan praktik Sekolah Model

16.30 WIB – 17.00 WIB : Penutupan acara kegiatan


Penutup

Demikian laporan kegiatan sekolah model di SMKN 2 Tangerang Selatan yang terlaksana dengan sukses tanpa halangan. Kami menyadari jika laporan kegiatan ini masih terdapat kekurangan dan kesalahan. Maka dari itu, kami mohon maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan yang ada.


Manfaat dari Pembuatan Laporan Kegiatan

Mengapa laporan kegiatan harus dibuat? Untuk mengetahui alasannya, berikut ini adalah manfaat dari penyusunan laporan kegiatan:

1. Menjadi Bukti Resmi

Laporan kegiatan sekolah DOC akan menjadi bukti resmi bahwa kegiatan tersebut telah terlaksana. Bukti ini juga memiliki kaitan yang erat dengan pertanggungjawaban dari pihak yang dilibatkan, salah satunya adalah pemberi dana.

2. Dijadikan Sebagai Arsip Organisasi

Manfaat kedua dari laporan kegiatan adalah dijadikan sebagai arsip organisasi. Nantinya, arsip tersebut dapat dimasukkan ke dalam program perencanaan kerja, mulai dari yang sedang dijalankan hingga rencana di waktu mendatang.

3. Menjadi Bahan Evaluasi

Pada saat kegiatan berlangsung, umumnya ada kondisi yang terjadi dan tidak ada di dalam jadwal. Dengan menyusun laporan kegiatan sekolah PDF, maka kamu bisa menjadikannya sebagai bahan evaluasi setelah acara selesai. Kemudian, dijadikan pembelajaran untuk kegiatan berikutnya.


Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi COVID-19

Selama pandemi COVID-19, kegiatan pembelajaran di sekolah telah dibatasi. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir penyebaran COVID-19. Kebijakan tersebut mulai diterapkan pada 9 Maret 2020 lalu.

Metode pembelajaran yang dilakukan oleh sekolah adalah daring di rumah masing-masing. Jadi, proses belajar di rumah menggunakan beberapa alternatif media online, yaitu:

Rumah Belajar Kemendikbud

  • WhatsApp Group
  • Google ClassRoom
  • E-mail
  • YouTube
  • Website Sekolah
  • Edutech (gratis belajar online)

Lalu, para siswa mempelajari materi pembelajaran dan mengerjakan tugas yang diberikan. Kemudian, guru akan memantau pelaksanaan proses pembelajaran online. Maka dari itu, para guru diharuskan untuk membuat laporan kegiatan sekolah selama COVID 19.

Nantinya, hasil kegiatan pembelajaran di rumah akan dilaporkan ke Dinas Pendidikan. Sebelumnya, guru harus melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran online di rumah.

Demi meningkatkan kualitas sistem pendidikan di Indonesia, Pintek telah mengembangkan program Tunjangan Aspirasi (Tunas) untuk mendukung berbagai institusi pendidikan.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pengelolaan dan kurikulum pendidikan, khususnya bagi sekolah yang sangat mengutamakan kesiapan kerja siswanya.

Pintek Tunas memberikan dana berdasarkan hasil pendidikan dengan insentif untuk sekolah agar meraih hasil pendidikan yang lebih baik lagi.

Pintek sendiri telah bekerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan, seperti Pemerintah, institusi terkait, organisasi hingga lembaga pendidikan.

Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Kegiatan Sekolah Model"