Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Mukadimah Pidato dan Sambutan dalam Bahasa Arab dan Indonesia

Contoh Mukadimah Pidato dan Sambutan dalam Bahasa Arab dan Indonesia

Source : kumparan.com


Contoh Mukadimah Pidato


Contoh 1

Assaalaamu'alaikum warohmatulllaahi wabarokaatuh.

Alhamdulllaahil ladzil kaana bi'ibaadihi khoiroom bashiiro. Tabarokal ladzii ja'ala fis samaa-i buruujaw waja'ala fiihaa siroojaw waqomarom muniiro.

Asyhadu alaa ilaaha illallaahu, wa-asyhadu anna Muhammadan 'abduhu warosuuluh.  Alladzii ba'atsahu bilhaqqi basyiirow wanadziirow wa daa'iyaa ilalhaqqi bi-idznihi wasiroojaam muniiroo.

Allaahumma sholli 'alaihi wa'alaa aalihii washohbihi wasallim tasliimaan katsiiro.  Amma ba'du.


Artinya:

Segala puji bagi Allah, Yang Maha Mengetahui dan Maha Melihat hamba-hamba-Nya, Mahasuci Allah, Dia-lah yang menciptakan bintang-bintang di langit, dan dijadikan padanya penerang dan bulan yang bercahaya.

Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan rasul-Nya, yang diutus dengan kebenaran, sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak pada kebenaran dengan izin-Nya, dan cahaya penerang bagi umatnya. 

Ya Allah, curahkan shalawat dan salam baginya dan keluarganya, yaitu doa dan keselamatan yang berlimpah.


Contoh 2

Assaalaamu’alaikum warohmatulllaahi wabarokaatuh.

Alhamdulillaahil ladzii an'amanaa bini'matil iimaani wal Islaam. Wanushollii wanusallimu 'alaa khoiril anaami sayyidinaa Muhammad wa'alaa aalihi washohbihi ajma'iin. Amma ba'du.

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memberi sebaik-baik nikmat berupa iman dan Islam. Shalawat dan doa keselamatan terlimpahkan selalu kepada Nabi Agung Muhammad SAW berserta keluarga dan para sahabat-sahabat Nabi semuanya.


Contoh Mukadimah Sambutan

Contoh 1

Alhamdulillahi robbil alamin hamdan yuawfi niamahu wa yukafiu mazidahu wa shollallahu wasallam ala imamil muhsinina sayyidana muhammadin sholawatu robbihi wa salamuhu alaihi wa ala alihi wa shohbihi wa sallim tasliman kairo.

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam, aku memuji dengan pujian orang-orang yang bersyukur, pujian orang-orang yang berzikir, pujian orang-orang yang memperoleh nikmat, pujian yang memadai segala nikmat-Nya, dan mencukupi tambahan nikmat-Nya. 

Shalawat dan salam kepada pemimpin para muhsinin Nabiyullah Muhammad SAW. Semoga shalawat dan keselamatan terus tercurah pada keluarga dan sahabatnya.


Contoh 2

Alhamdulillah washollahu ala sayyidina Muhammadin ibni abdillah wa ala aba ihi wa ikhwanihi minal anbiyai wal mursalina wa ala ali baitihi wa ashabihi wa man saro ala nahjihim ila yaumid din.

Artinya: Segala puji bagi Allah, shalawat dan salam kepada Nabiyullah Muhammad bin Abdillah, kepada leluhur dan saudara-saudaranya para nabi dan rasul, kepada kerabat dekat dan sahabatnya, serta orang-orang yang mengikuti risalahnya hingga akhir zaman.

Posting Komentar untuk "Contoh Mukadimah Pidato dan Sambutan dalam Bahasa Arab dan Indonesia"