Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT KARANGAN DESKRIPSI

LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT KARANGAN DESKRIPSI

Source : thegorbalsla.com

=======

Karangan deskripsi adalah sebuah kalimat panjang terdiri dari satu paragraf atau lebih yang berisi tentang gambaran suatu keadaan yang sebenarnya yang seolah – olah para pembaca bisa merasakan kondisi yang sebenarnya. Cara membuat karangan yang baik akan di jelaskan berikut ini.

 

1. TENTUKAN DAHULU TEMA ATAU TOPIK KARANGAN

Penentuan tema adalah hal yang sangat penting, karena melalui tema anda dapat menentukan dasar karangan yang akan anda buat. Jika anda bisa menentukan tema karangannya anda akan dengan mudah menentukan arah pembahasan anda.

Jika anda ingin membuat sebuah karangan deskripsi sebelumnya anda harus menguasai bahan yang akan anda tulis. Cara mudah menentukan tema penulisan adalah dengan membahas permasalahan yang saat itu sedang menjadi tranding topik.

2. MENETAPKAN TUJUAN PENULISAN

Jika tujuan anda sudah ditetapkan maka anda pasti sudah memiliki konsep karangan yang matang, yang sudah jelas akan seperti apa penulisannya. Jadi menetapkan tujuan penulisan adalah hal yang sangat penting dalam menulis karangan deskripsi, karena melalui hal ini anda bisa menghasilkan karangan yang berkualitas dan juga mudah dibaca oleh pembacanya.

3. MENGUMPULKAN INFORMASI ATAU BAHAN PENULISAN

Dalam membuat karangan mengumpulkan informasi dan bahan merupakan sebuah bekal yang wajib anda lakukan. Tanpa memiliki informasi dan juga bahan penulisan anda tidak akan bisa membuat konsep penulisan dengan baik.

Untuk mendapatkan informasi dan bahan penulisan anda bisa melakukan observasi atau pengamatan atau anda juga bisa dengan melakukan wawancara dengan sumber yang terpercaya. Biasanya setiap masing – masing penulis memiliki cara tersendiri untuk mendapatkan bahan karangan.

4. SELEKSI BAHAN YANG AKAN DIGUNAKAN

Setelah anda mendapatkan informasi dan juga bahan tulisan deskripsi, tidak serta merta atau langsung begitu saja menulisnya. Anda harus melakukan seleksi bahan terlebih dahulu, seleksi ini bertujuan untuk mendapatkan bahan yang benar – benar akurat dan sesuai dengan tema yang sudah anda tentukan.

5. MEMBUAT KERANGKA KARANGAN

Kerangka karangan dalam hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam melakukan penulisan. Dalam kerangka karangan anda selanjutnya hanya perlu menguraikan setiap pokok permasalah di dalamnya menjadi sebuah pembahasan yang rinci dan terukur. Kerangka karangan biasanya hanya berupa garis besar dari hal – hal yang ingin anda tulis. Dengan adanya kerangka karangan, tentunya tuliskan akan lebih terstruktur.

Jika anda sudah menyusun kerangkanya terlebih dahulu anda akan lebih mudah dalam menulis. Namun anda perlu ingat bahwa dalam menjabarkan karangan anda harus satu persatu. Dari kerangka karangan ini anda akan mendapatkan sebuah karangan yang utuh jika sudah anda jelaskan satu persatu.

Posting Komentar untuk "LANGKAH – LANGKAH MEMBUAT KARANGAN DESKRIPSI"