Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Kegiatan Perkemahan Sekolah

Laporan Kegiatan Perkemahan Sekolah 

Source : quipper.com


Laporan Kegiatan Perkemahan Sabtu-minggu (Persami)

Dalam Rangka Menyambut Siswa Baru Sma Negeri 1 Kota Batu

Tahun Ajaran 2017/2018


Latar Belakang

Perkemahan Sabtu-Minggu (Persami) adalah kegiatan perkemahan yang dilaksanakan oleh anggota pramuka, baik dari tingkat SD hingga SMA. Persami bisa dilakukan untuk berbagai tujuan, namun utamanya dilakukan untuk memperingati dan meresmikan kenaikan tingkat anggota pramuka.

Siswa baru yang diterima di SMA Negeri 1 Kota Batu akan secara otomatis masuk sebagai anggota pramuka Penegak. Gugus depan SMA Negeri 1 Kota Batu berkewajiban untuk menjalankan upacara peresmian tersebut dalam sebuah kegiatan perkemahan Sabtu-Minggu (Persami). Kegiatan ini dilaksanakan pada awal tahun pembelajaran dan memiliki beberapa tujuan serta manfaat khusus.


Tujuan Kegiatan

  1. Melalui kegiatan Persami, maka diharapkan siswa baru kelas IX di SMA Negeri 1 Batu akan:
  2. Mengenal lingkungan sekolahnya yang baru.
  3. Memiliki jiwa patriotisme, pemberani, jujur, berakhlak mulia, dan mampu bekerja sama.
  4. Menyiapkan calon-calon generasi penerus bangsa yang berkualitas dan siap terjun dalam masyarakat.


Anggaran Dana

Kegiatan Persami yang dilaksanakan dan dipanitiai oleh Gerakan Pramuka Gugus Depan SMA Negeri 1 Batu ini didanai dari:

– Sumbangan bantuan operasional sekolah (BOS).

– Sumbangan dari seluruh siswa baru kelas IX.


Jadwal Kegiatan

Kegiatan Persami penerimaan siswa baru dilaksanakan pada:

Hari: Sabtu-Minggu

Tanggal: 11-12 September 2018

Tempat: SMA Negeri 1 Batu

Jumlah peserta: 180 siswa dari 6 kelas.


Hasil Kegiatan

Kegiatan Persami Penerimaan Siswa Baru telah diselenggarakan dengan baik dan lancar. Kegiatan dimulai dengan apel pembukaan pada hari Sabtu, 11 September 2018 pukul 16.00 WIB dan diakhiri dengan apel penutup pada hari Minggu, 12 September 2018 pukul 11.00 WIB.

Peserta Persami mengikuti instruksi dan jadwal kegiatan dengan tertib sesuai arahan dari panitia. Namun, masih banyak para peserta Persami yang tidak membawa kelengkapan yang dipersyaratkan dengan berbagai alasan. Kondisi ini menjadi tanda bahwa masih terdapat berbagai kendala kedisiplinan dalam diri siswa.


Kesimpulan

Kegiatan Persami yang dilakukan di SMA Negeri 1 Kota Batu sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar, meskipun dengan anggaran dan kondisi yang terbatas. Siswa baru yang menjadi peserta Persami bisa mendapatkan berbagai manfaat, terutama kedisiplinan, kerjasama, kekompakan, dan juga sifat berani.

Acara Persami ini diharapkan bisa menjadi ajang memupuk calon generasi penerus bangsa yang berkualitas, baik dalam segi akademik maupun non-akademik. Demikianlah laporan ini dibuat sebagai bentuk pertanggungjawaban panitia dan semoga bermanfaat bagi evaluasi penyelenggaraan kegiatan Persami berikutnya.

Posting Komentar untuk "Laporan Kegiatan Perkemahan Sekolah"