Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Fungsi Berita Acara

Pengertian Berita Acara

Source : .pengadaan.web.id

Secara garis besar, berita acara merupakan sebuah dokumen dalam dunia pekerjaan yang sangat penting keberadaannya. Berita acara tersebut memuat pernyataan pengesahan mengenai suatu kegiatan; baik itu menyangkut rapat, kehilangan, kerusakan, serah terima barang, peristiwa, penyelesaian pekerjaan, perubahan status, dan masih banyak lagi lainnya.

Intinya, berita acara adalah sebuah bukti legal yang di dalamnya berisi suatu pengesahan atau pernyataan di dalam sebuah acara. Selain itu, berita acara juga dijadikan oleh instansi atau perusahaan sebagai sebuah bukti legal mengenai peristiwa tertentu, serah terima, transaksi, jual beli, insiden tertentu dan masih banyak lagi yang lainnya.

Fungsi Berita Acara

Berita acara memiliki peran penting bagi sebuah instansi atau pemerintahan. Berikut di bawah ini adalah beberapa fungsi atau tujuan dari berita acara, yaitu:

  • Menjadi bukti legal tertulis atas sebuah transaksi atau peristiwa tertentu.
  • Sebagai keabsahan suatu kegiatan yang telah dilakukan.
  • Sebagai bukti otentik suatu kegiatan yang dilakukan oleh penerima tugas, dan si penerima tugas akan membuktikan bahwa ia menyelesaikan tugasnya dengan pembuktian hasil dari suatu kegiatan sebagai notulen.

Posting Komentar untuk "Pengertian dan Fungsi Berita Acara"