Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENGERTIAN KALIMAT DESKRIPSI & CIRI KALIMAT DESKRIPSI

PENGERTIAN KALIMAT DESKRIPSI

Source : thegorbalsla.com

=======

Kalimat deskripsi adalah kalimat yang memuat sebuah deskripsi atau kalimat yang memuat penjelasan – penjelasan yang khusus mengenai karakteristik atau mengenai ciri – ciri suatu objek yang dituju. Karakteristik yang disampaikan melalui kalimat ini adalah karakteristik yang sesuai dengan pengamatan panca indera.

Contoh penggunaan kalimat deskripsi adalah untuk mendeskripsikan warna melalui pengamatan panca indera. Kemudian bisa juga digunakan untuk mendefinisikan ukuran, bentuk suatu objek, atau sifat – sifat yang lain yang berada pada objek dan bisa di ukur dengan panca indera.

CIRI CIRI KALIMAT DESKRIPSI

Source : thegorbalsla.com

=======


Kalimat deskripsi sering di sebut atau di anggap hampir sama dengan kalimat definisi. Namun pada kenyataannya kalimat ini adalah dua buah kalimat yang jauh berbeda. Berikut ini adalah ciri – ciri kalimat deskripsi yang bisa anda pelajari.

Dalam mendeskripsikan suatu objek yang dituju, kalimat ini pasti menggunakan panca indera untuk mendeskripsikannya.

Jika suatu objek di jelaskan menggunakan kalimat deskripsi maka para pembaca akan merasa seolah – olah sedang mengalami atau merasakan yang di deskripsikan.

Kalimat ini selalu membicarakan ciri khusus suatu objek.

Kalimat yang sering kali anda temukan. Karena hampir setiap laporan atau paragraf deskripsi selalu memuat kalimat deskripsi

Jika kalimat ini di buat terbalik susunannya maka makna kalimat akan mengalami perubahan.

deskripsi dibuat atau di rangkai dengan kalimat deskripsi sampai menjadi sebuah paragraf. Yang artinya dalam satu paragraf deskripsi terdiri dari beberapa kalimat deskriptif. Paragraf deskripsi biasanya disusun dengan pola kalimat subjektif karena biasanya di dalamnya terdapat kesan penulis tentang subjek yang di deskripsikan.

Posting Komentar untuk "PENGERTIAN KALIMAT DESKRIPSI & CIRI KALIMAT DESKRIPSI"