Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PERBEDAAN KALIMAT DESKRIPSI DENGAN KALIMAT DEFINISI

PERBEDAAN KALIMAT DESKRIPSI DENGAN KALIMAT DEFINISI

Source : thegorbalsla.com

=======


Kalimat deskripsi paling sering di kaitkan dengan paragraf definisi, namun sesungguhnya dua jenis kalimat ini adalah dua hal yang berbeda. Dari pengertiannya saja anda sudah bisa menemukan perbedaan awalnya.

Jika kalimat deskripsi adalah suatu kaliamat yang digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian secara umum. Dan mencakup hal apapun itu, bersifat umum. Sementara jika paragraf deskripsi biasanya digunakan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan ciri – ciri suatu objek yang dituju dengan ciri khusus dan juga harus yang bisa di nilai berdasarkan panca indera.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa membedakan antara kalimat deskripsi dengan kalimat definisi.

Kalimat definisi memberikan gambaran tentang suatu objek secara umum, sementara kalimat deskripsi lebih kepada ciri khusus dari objek tersebut dan yang di tangkap oleh panca indera. Contohnya adalah :

– Kalimat definisi : Kucing adalah golongan hewan mamalia yang berkaki 4

– kalimat deskripsi :Kucing adalah hewan yang memiliki bulu sangat lebat dan juga halus.

Kalimat definisi bisa dituliskan terbalik, karena tidak akan mengurangi atau merubah makna kalimat tersebut. Tetapi jika kalimat deskripsi di rubah maka makna dari kalimat tersebut akan berbeda. Contohnya sebagai berikut :

– Kalimat definisi : mamalia adalah kelompok hewan yang menyusui, dapat anda rubah menjadi kelompok hewan yang menyusui adalah mamalia.

– Kalimat deskripsi : kambing dan sapi adalah hewan pemakan rumput, menjadi hewan pemakan rumput yang dibicarakan adalah kambing dan sapi.

Posting Komentar untuk "PERBEDAAN KALIMAT DESKRIPSI DENGAN KALIMAT DEFINISI"