Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tata Cara dan Etika Berpidato yang Baik dan Benar

Tata Cara dan Etika Berpidato yang Baik dan Benar

Source : suka-suka.web.id


Dalam penyampaian pidato pada umumnya, urutan berpidato meliputi pembukaan, isi, dan penutupan. Pembukaan berisi sapaan kepada pihak-pihak yang telah diundang dan hadir dalam kegiatan acara tersebut.


Dalam berpidato bagusnya diawali dengan pembukaan atau mukaddimah. Pembukaan berisi sapaan kepada para tamu undangan yang telah hadir dalam kegiatan acara tersebut. Dilanjutkan dengan penyampaian isi pidato atau materi inti. Isi pidato berisi tentang inti materi yang akan disampaikan kepada para audiens yang berupa penjabaran gagasan pokok materi inti.


Tahap yang terakhir adalah penutupan. Penutupan berisi tentang mereview ulang materi yang telah disampaikan, harapan dan ucapan terimakasih atas partisipasinya kepada para tamu undangan yang telah hadir


Berikut ini adalah contoh susunan yang umumnya dipakai ketika sedang berpidato

1. Pendahuluan atau pembukaan

2. Salam pembuka

3. Sapaan kepada para pendengar yang disampaikan secara runtut

4. Ucapan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa

5. Pengantar ke topik

6. Isi

7. Penutup

8. Ucapan terimakasih

9. Salam


Etika dalam berpidato merupakan hal yang perlu diperhatikan. Pada saat berpidato, jangan sampai menyinggung perasaan orang lain dan berusaha untuk menghargai serta membangun rasa optimisme bagi para pendengarnya. Selain itu, perlu diperhatikan juga keterbukaan, kejujuran, empati ketika sedang berpidato.

Posting Komentar untuk "Tata Cara dan Etika Berpidato yang Baik dan Benar"