Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat CV Yang Baik dan Menarik

Cara Membuat CV Yang Baik dan Menarik

Source : toraccino.id

Pembuatan cv merupakan salah satu proses awal yang mesti kamu lakukan sebelum melamar sebuah pekerjaan di sebuah perusahaan yang kamu inginkan.  Untuk mendapatkan respon yang baik dari perusahaan, kita di haruskan untuk membuat Cv yang menarik. Agar kamu bisa mendapatkan sebuah pekerjaan yang sangat kamu idam – idamkan.

Namun masih banyak dari kamu yang bertanya – tanya tentang bagaimana cara membuat sebuah cv yang baik serta menarik. Namun kamu tidak perlu khawatir lagi akan hal itu, kami akan menjabarkan langkah / cara yang bisa kamu gunakan untuk membuat sebuah cv lamaran kerja yang menarik. Maka dari itu, yuk mari simak ulasan berikut ini.


1. Lakukan job research

Langkah awal adalah dengan cara melakukan job research yang bertujuan untuk mencari informasi terkait dengan perusahaan dan juga pekerjaan yang akan kamu lamar. langkah awal ini dapat memudahkan kamu untuk menentukan langkah selanjutnya. Berikut adalah beberapa hal yang mesti kamu perhatikan dalam melakukan job research.

Cari informasi mengnai syarat melamar kerja : catat dan ingat perihal informasi – informasi mengenai syarat dan juga berbagai hal lainnya yang harus di penuhi terkait dengan untuk pelamaran sebuah pekerjaan, seperti keterampilan yang mesti di miliki, usia, pengalaman bekerja, dan lain – lainnya.

Gali informasi tentang perusahaan sebanyak banyaknya : Dalam sebuah profil perusahaan biasanya terdapat visi dan juga misi serta nilai – nilai yang di junjung tinggi oleh perusahaan tersebut. Secara etos kerja karyawan kamu di haruskan mencermati terlebih dahulu terkait dengan perusahaan tersebut.


2. Cari informasi mengenai cv

Seperti yang kamu lakukan sekarang, mencari sebuah informasi mengenai cv yang meliputi cara pembuatan cv yang dan menarik,  langkah – langkah membuat cv dan hal – hal lainnya merupakan sebuah usaha untuk menggali informasi mengenai cv itu sendiri.  Walaupun secara global kamu sudah paham apa itu cv, akan tetapi kamu juga perlu selalu upddate informasi mengenai cv tersebut.

Umumnya, hal – hal yang terdapat di dalam cv adalah sebagai berikut

Identitas Pribadi : Nama lengkap, alamat, nomer telepon, dan alamat email

Pendidikan : Pendidikan terakhir, jurusan,  dan ipk

Personality : Sifat dan perilaku yang kamu miliki (Deskripsi diri)

Pelatihan : Berisikan pelatihan yang kamu ikuti selama 2 – 3 tahun terakhir.

Informasi lain mengenai diri kamu : Hobi, ataupun sebuah referensi yang mencakup perihal pekerjaan tersebut.


3. Mulai membuat cv

Setelah kamu memiliki informasi terkait dengan perusahaan dan juga informasi terkait dengan Curricullum vitae (Cv), Maka langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan mulai membuat sebuah cv berdasarkan pengetahuan dan juga informasi yang sudah kamu gali tadi. Berikut ini adalah beberapa langkah untuk mulai membuat sebuah cv.

Cantumkan identitas diri di bagian teratas : Bagian pertama yang kamu harus tulis adalah mengenai data diri kamu yang meliputi nama,  tempat tanggal lahir, alamat, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menyantumkan foto terbaru kamu agar terlihat lebih professional.

Tuliskan jenjang pendidikan : hal selanjutnya yang perlu kamu cantumkan di dalam cv adalah jenjang pendidikan formal. Kamu juga bisa mencantumkan pendidikan informal seperti pelatihan, Bimbingan belajar dan lain sebagainya.

Deskripsikan keterampilan dan juga pencapaian kamu : Keterampilan dan pencapaian yang kamu miliki sangat perlu untuk kamu cantumkan, sebagai nilai plus dari diri kamu. Kamu bisa menggambarkan nya dengan diagram ataupun grafik untuk menyatakan secara cermat terkait dengan keterampilan dan juga pencapaian kamu.

Sebutkan secara spesifik pengalaman kerja dan juga pelatihan : Setelahnya, kamu juga perlu mendeskripsikan dengan jelas dan juga mendetail terkait dengan pengalaman kerja dan juga pelatihan yang penah kamu ikuti.


4. Koreksi kembali cv kamu

Setelah kamu membuat cv, alangkah baiknya kamu membaca dan mengkoreksinya kembali, kamu bisa menambahkan sesuatu ke dalam cv tersebut agar nantinya terlihat lebih menarik. Bagian ini adalah hal yang dapat menaikkan kualitas cv kamu secara mutlak

Perbaiki tata bahasa : saat sedang membaca ulang cv yang sudah kamu buat, kamu juga perlu memperbaiki tata bahasa yang di rasa kurang tepat. Hindari penggunaan bahasa gaul dan lebih kedepankan pengejaan kata yang sesuai dengan EYD

Bawalah kata – kata yang lebih singkat dan efektif  : Ringkas kembali kata – perkata yang telah kamu tuliskan di dalam cv kamu untuk menghindari pembahasan yang bertele – tele


5. Analisa cv kamu

Setelah kamu mengoreksi kembali cv kamu yang terkait dengan penggunaan bahasa yang formal juga menarik. Alangkah baiknya juga kamu menganalisa cv kamu dari berbagai pola pandang. Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut ini :

Baca kembali cv tersebut seolah kamu ada lah seorang HRD

Minta orang lain untuk membaca cv kamu : Untuk memantapkan kembali cv yang kamu buat tadi, kamu bisa melakukan nya dengan cara meminta orang lain untuk membacakan kembali dan beri penilaian terhadap cv kamu.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat CV Yang Baik dan Menarik"