Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Artikel Ilmiah Ekonomi

Contoh Artikel Ilmiah Ekonomi

Contoh Artikel Ilmiah Ekonomi Jurnal Bahasa Indonesia - bosmeal.com


Contoh Artikel Ilmiah Ekonomi Singkat yang Baik dan Benar

Selain contoh artikel ilmiah populer singkat di atas, masih ada lagi contoh artikel ilmiah ekonomi. Kajian tentang ekonomi akan selalu menarik banyak pihak.

Kajian-kajian berkaitan denga ekonomi  baik itu ekonomi makro atau pun ekonomi mikro akan selalu di lirik banyak orang.

Berikut ini contoh artikel ilmiah populer ekonomi yang bisa kita jadikan pedoman.


Peningkatan Ekonomi Masyarakat Dengan Cara Pemanfaatan Limbah Plastik

Eka Purnama

PENDAHULUAN

Sudah diketahui bersama jika penanganan limbah plastik merupakan PR yang membutuhkan pengerjaan lebih. Hal ini dikarenakan limbah plastik lebih lama terurai dibandingkan yang lainnya.

Berbagai kebijakan dari Pemerintah sudah dilakukan agar masyarakat mau mengurangi penggunaan plastik untuk kegiatan sehari-hari.

Contoh pengurangan kadar plastik dalam suatu produk, kantong plastik berbayar, penggunaan plastik dengan bahan ramah lingkungan, dan lain sebagainya.

Banyaknya limbah plastik yang sudah digunakan akan menimbulkan permasalahan terhadap lingkungan, seperti pencemaran air dan tanah.

Kemudian limbah plastik yang dibakar malah akan mencemari udara. Hal ini karena hasil pembakaran limbah plastik akan menimbulkan pemanasan global.

Limbah plastik yang dibakar pun akan membawa dampak buruk bagi lingkungan sekitar seperti kanker dan berbagai macam penyakit kronis lainnya.

Dari limbah plastik ini seharusnya dilakukan daur ulang agar lebih bermanfaat dan juga bisa mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan.

Limbah plastik yang sudah didaur ulang bisa menjadi solusi dari peningkatan ekonomi masyarakat berbasis UMKM. 


PEMBAHASAN

Plastik pada awalnya merupakan suatu solusi dari penggunaan limbah kertas. Kertas sendiri menggunakan bahan dasar kayu sehingga produksinya mengkhawatirkan karena menghabiskan banyak pohon di hutan.

Kemudian muncullah plastik sebagai solusinya. Penggunaan plastik yang mudah dan tidak memberatkan membuat banyak orang beralih menggunakan plastik.

Semakin hari penggunaan plastik semakin tidak terkendali sehingga banyak mencemari lingkungan.

Sampah plastik sendiri merupakan limbah terbanyak kedua setelah limbah organik.

Di sisi lain sejak Desember 2015, kehadiran MEA di Indonesia telah membuka babak baru dalam perekonomian di antara negara ASEAN.

Ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi antar negara ASEAN.

Dengan adanya pasar bebas antar negara ASEAN, mau tidak mau produk lokal Indonesia harus bisa bersaing dengan produk-produk negara lainnya.

Produk-produk dari luar Indonesia juga bebas bersaing dengan produk lokal Indonesia. 

Salah satu produk yang layak diperjuangkan adalah casing handphone dengan bahan dasar limbah plastik.

Inovasi ini dilatarbelakangi karena Handphone sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Hampir bisa dipastikan setidaknya setiap satu rumah pasti memiliki handphone.

Berdasarkan data yang dimuat didapat menyebutkan bahwa Nurlita, pebisnis Casing Handphone dapat meraih keuntungan berkisar 50 – 100 juta setiap bulannya dengan produksi 30 – 50 casing handphone setiap harinya (Detik-finance, 2016). 

Ini membuktikan bahwa penggunaan Casing Handphone di Indonesia telah menjadi sebuah tren tersendiri. 

Dengan memanfaatkan limbah plastik untuk dijadikan casing handphone maka selain keuntungan ekonomi yang di dapat juga turut serta mengurangi limbah plastik di Indonesia.

Selain memanfaatkan limbah plastik, agar casing handphone terlihat lebih elegan bisa dibuat inovasi dengan penambahan ukiran timbul karakter terkenal atau yang lainnya.

Casing yang ditambahkan dengan ukiran, apalagi ukiran budaya lokal maka casing akan memiliki ciri khas sehingga bisa bersaing di tingkat global.


PENUTUP

Salah satu cara untuk mengurangi limbah plastik adalah dengan mendaur ulangnya menjadi produk UMKM casing handphone.

Agar casing menjadi lebih menarik dan elegan bisa ditambahkan ukiran timbul dengan mengangkat budaya lokal maupun sesuai dengan pesanan dari konsumen.

Dengan modal yang murah, limbah plastik bisa menjadi barang yang menghasilkan profit yang maksimal

Posting Komentar untuk "Contoh Artikel Ilmiah Ekonomi"