Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Artikel Singkat Ilmiah

Contoh Artikel Singkat Ilmiah

Source : pastiguna.com


Contoh Artikel Ilmiah

Artikel ilmiah adalah sebutan yang khusus untuk makalah dikalangan para mahasiswa dalam kaitannya dengan pembelajaran dan pendidikannya sebelum menyelesaikan jenjang studi.

Penjelasan mengenai Artikel ilmiah secara umum lainnya adalah suatu karya ilmiah yang ditulis untuk dimuat dalam jurnal ilmiah dengan tata cara penulisan yang mengikuti pedoman atau konvensi ilmiah yang telah disepakati atau ditetapkan.

Adakalanya Artikel ilmiah dapat diangkat dari hasil penelitian lapangan atau laboratorium, hasil pemikiran dan kajian pustaka, atau hasil pengembangan proyek.


Pengertian Artikel Ilmiah 

Dalam pengertian artikel ilmiah sudah dijabarkan bahwa tulisan ini bersifat ilmiah dan sistematis.

Oleh sebab itu artikel ilmiah juga bisa menggunakan angka-angka statistik dalam bentuk tabel maupun nontabel, yang menggambarkan suatu objek pembahasan hasil daripada sebuah penelitian baik berdasarkan sampel maupun populasi.

Publikasi artikel ilmiah dalam bentuk jurnal ilmiah dimaksudkan untuk mengkomunikasikan gagasan atau temuan yang penting untuk diketahui oleh pembaca.

Pada umumnya gagasan yang di tulis dalam bentuk artikel adalah gagasan atau temuan baru yang mempunyai orisinalitas dan mempunyai sumbangan tinggi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dari penemunya. Jika gagasan yang ditulis sudah umum biasanya penulis menuangkannya dalam bentuk buku atau diktat.


Istilah Artikel Ilmiah adalah

Artikel dengan karya tulis ilmiah sangat berbeda, dari segi bahasa, bahwa artikel lebih sederhana karena sasaran pembacanya menjangkau semua kelompok masyarakat. Sedangkan bahasa yang digunakan dalam karya tulis ilmiah harus menggunakan bahasa yang formal sehingga kadang-kadang terasa kaku.

Dari segi isi, gagasan dalam sebuah artikel tidak perlu ditunjang oleh bukti yang lengkap sebagaimana dalam karya tulis ilmiah.di dalam karya tulis ilmiah penulis harus menyertakan sumber data berupa kutipan, biografi, catatan kaki, serta daftar pustaka pada akhir tulisan.

4 dimensi di dalam sebuah artikel ilmiah yang perlu diperhatikan, yaitu :

Dimensi hasil pemikiran atas suatu objek kajian yang dapat berupa temuan penelitian atau gagasan analisis data yang kritis.

Dimensi bahasa tulis sebagai alat mempresentasikan hasil pemikiran penulis dalam bentuk satuan makna dan penanda hubungan satuan-satuan makna secara eksplisit

Dimensi sistematika dijadikan unsur pembeda antara bentuk karya tulis artikel dengan bentuk karya tulis lain

Dimensi kaidah, penulisan yang harus di taati baik bersifat universal (umum) maupun bersifat selingkung.

Ciri Ciri Artikel Ilmiah

Setelah kita memahami pengertian artikel ilmiah, kita juga perlu mengetahui apa saja ciri-ciri artikel ilmiah tersebut. Adapun ciri ciri artikel ilmiah adalah sebagai berikut:

Pertama Artikel ilmiah merupakan tulisan ilmu pengetahuan yang disusun berdasarkan penelitian, meskipun sederhananya penelitian tersebut

Kedua Artikel ilmiah bersifat objektif. Maksudnya informasi yang diungkapkan sesuai dengan karakteristik objeknya. Jika penelitian itu diulangi hasilnya akan sama.

Ketiga Artikel ilmiah harus didasarkan pada pemikiran ilmiah, yaitu logis serta empiris

Keempat Artikel ilmiah sistematis. Maksudnya susunan isinya bersistem, dimulai dengan judul, abstrak, pendahuluan, metodologi penelitian, hasil, pembahasan, dan kesimpulan. Demikian juga cara penomoran bab, sub bab, serta bagian bagian detailnya dilakukan bersistem.

Kelima Artikel ilmiah dikembangkan berdasarkan rujukan atau referensi. Karena itu tulisan jenis ini selalu dilengkapi dengan daftar pustaka atau bibliografi.

Keenam Informasi artikel ilmiah bersifat eksplisit. Penggunaan kalimat ambigu tidak relavan untuk digunakan dalam bentuk tulisan ilmiah.

Ketujuh Artikel ilmiah juga memiliki ciri kebahasaan yaitu bahasa tulisan ilmiah.

Posting Komentar untuk "Contoh Artikel Singkat Ilmiah"