Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Budidaya Ikan Air Tawar Nila yang Mudah dan Berbiaya Rendah

Budidaya Ikan Air Tawar Nila yang Mudah dan Berbiaya Rendah

Source : sekolahnesia.com

Budidaya Ikan Air Tawar Nila yang Mudah dan Berbiaya Rendah

Logo Institusi

 

 

Disusun oleh:

Nama Pelajar atau Mahasiswa

NIM

 

 

Nama Universitas/ Sekolah

Lokasi Universitas/ Sekolah

Tahun Pembuatan Makalah

 

KATA PENGANTAR

Pertama-tama marilah menyebut nama Allah SWT Yang Maha Pengasih dan lagi Maha Penyayang. Tak lupa juga Kami panjatkan puji syukur atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga makalah Budidaya Ikan Air Tawar Nila untuk Berbagai Produk Makanan Frozen bisa selesai. Kami berharap, agar makalah ini nantinya dapat berguna bagi masyarakat maupun pembaca.

Makalah ini kami susun dengan lengkap dan detail, sehingga orang yang masih awam dapat memahami mengenai informasi yang berkaitan dengan budidaya ikan Nila. Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah berkontribusi dalam penyelesaian makalah ini.

Kami juga menyadari bahwa kami masih memiliki banyak kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Kamu memohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam penyusunan kata, sehingga kami membuka dan menerima kritik dan saran bagi seluruh pembaca.

Akhir kata Kami sampaikan, semoga makalah ini bisa bermanfaat dan memberi inspirasi bagi seluruh orang yang membaca. Sekian.

Lokasi Pembuatan Makalah, Tanggal Pembuatan Makalah

 

Penyusun

 

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

KATA PENGANTAR

DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN

• 1.1 Latar Belakang

• 1.2 Rumusan Masalah

• 1.3 Tujuan Penulisan

• 1.4 Manfaat Penulisan

BAB II PEMBAHASAN

• 2.1 Pengertian Ikan Nila dan Jenis

• 2.2 Kandungan Gizi Ikan Nila

• 2.3 Kondisi Kolam Ikan Nila

• 2.4 Pakan Ikan Nila Terbaik

BAB III PENUTUP

• A. Kesimpulan

• B. Saran

DAFTAR PUSTAKA

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1 Latar Belakang

Anda pasti sudah mengetahui bahwa ikan Nila sangat digemari dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Permintaan pasar akan Ikan Nila ini juga semakin meningkat berkat adanya peningkatan terhadap populasi penduduk. Ada banyak jenis Ikan Nila yang biasa dibudidayakan masyarakat, seperti Nila biasa, Nila Hitam, dan Nila Merah.

Pembudidayaan Ikan Nila ini sangat penting, karena permintaan pasar yang semakin tinggi dan tidak disertai dengan budidaya bisa menyebabkan kepunahan suatu spesies Ikan Nila. Kepunahan Ikan Nila juga akan berdampak buruk pada keseimbangan ekosistem. Budidaya Ikan Nila juga menolong pemerintah dalam memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri.

1.2 Rumusan Masalah

Ada banyak sekali jenis Ikan Nila yang dibudidayakan di Indonesia. Namun, tidak semua spesies tersebut mengandung nutrisi yang tinggi, sehingga pembenihan harus menggunakan spesies yang tepat. Salah satu spesies yang unggul adalah Strain Nila yang memiliki kualitas unggul dan bisa diekspor.

1. Apakah Jenis Strain Nila yang dianggap unggul? 2. Bagaimana kandungan gizi ikan nila jenis strain? 3. Bagaimana cara Buat Kolam Ikan Nila untuk budidaya yang baik? 4. Apakah pakan Ikan Nila terbaik?

1.3 Tujuan Penulisan

Pembuatan Makalah ini ditujukan untuk berikut:

1. Untuk menyelesaikan tugas dari mata kuliah Budidaya Ikan Nila. 2. Berbagi wawasan kepada pembaca. 3. Membagi informasi budidaya Ikan Nila yang benar. 4. Meningkatkan jumlah pengusaha Ikan Nila untuk memenuhi permintaan dalam negeri.

1.4 Manfaat Penulisan

1. Berbagi wawasan mengenai bermacam-macam jenis Ikan Nila yang baik. 2. Berbagi informasi mengenai kandungan gizi dari Ikan Nila. 3. Membagi informasi budidaya Ikan Nila yang benar. 4. Berbagi informasi mengenai pakan Ikan Nila terbaik.

 

BAB II

PEMBAHASAN

2.1 Pengertian Ikan Nila dan Jenis

Benih yang dianjurkan untuk digunakan dalam pembenihan adalah benih yang diketahui asal usul dari induk dan galurnya. Benih Ikan Nila yang unggul dapat berkembang biak dan tumbuh dengan cepat. Tingkat toleransi terhadap lingkungan dan ketahanan terhadap penyakit juga baik.

Benih unggul ini membuat orang yang membudidayakannya tidak harus menghabiskan pengeluaran yang tinggi dalam hal penanganan. Ada beberapa jenis strain nila yang dianggap unggul dan ada di Indonesia yaitu JICA, Nirwana, Larasati, Jatimbulan, Best, Gesit, Srikandi Nirwana II, Sultana, dan lain sebagainya. Setiap jenis sudah pasti memiliki keunggulan yang berbeda-beda.

2.2 Kandungan Gizi Ikan Nila

Setiap ikan nila sudah pasti memiliki kadar nutrisi yang berbeda-beda. Namun, kisaran dari kandungan nutrisi tersebut untuk protein adalah mulai dari 16,00 – 18,80 %. Kandungan lemak ikan nila berkisar pada 0,60 – 2,80 %. Sedangkan kadar air dari ikan nila sangat variatif mulai dari 64,80 – 81,00%.

2.3 Kondisi Kolam Ikan Nila

Anda bisa memilih untuk mengembangkan nila dengan berbagai macam jenis kolam, seperti kolam di tanah, kolam semen, kolam dari terpal, jaring terapung di air payau. Salah satu kolam yang paling populer digunakan untuk budidaya ikan nila adalah kolam tanah.

Kolam harus berukuran luas dan disesuaikan dengan jumlah benih yang dikembangkan. Setidaknya kolam harus bersih dari berbagai macam sampah, kerikil, dan kotoran. Bersihkan juga bagian yang berlumpur hitam.

Jaga pH kolam senetral mungkin antara pH 7- 8. Penetralan dapat dilakukan dengan jalan pengapuran menggunakan dolomit maupun kapur pertanian. Beri pupuk organic pada kolam tanah dengan dosis 1 -2 ton per hektar. Tebar pupuk secara merata di setiap dasar kolam.

Langkah berikutnya adalah isi kolam dengan air secara bertahap dan tahapan pertama dengan kedalaman 10 cm dan biarkan sampai tumbuh ganggang. Setelah itu, baru isi penuh kolam tanah dengan menggunakan air dengan ketinggian kurang lebih 60 -75 cm.

2.4 Pakan Ikan Nila Terbaik

Salah satu pakan organic terbaik untuk ikan nila adalah Azolla Pinnata yang mana merupakan tumbuhan paku air. Tumbuhan ini akan terapung di permukaan air dan berukuran 1-4 cm. Bentuk daun dari tumbuhan ini adalah segitiga. Anda akan bisa membeli tumbuhan ini dari petani, karena biasanya terdapat banyak di sawah mereka.

Pakan organic berikutnya adalah Lemna Sp. Tumbuhan ini jauh lebih kecil daripada paku air. Kandungan protein dari tumbuhan ini mulai dari 10 – 45%. Tumbuhan ini juga dapat berkembang biak secara cepat, sehingga menjadi pakan primadona bagi peternak ikan air tawar.

 

BAB III

Penutup

3.1 Kesimpulan

Budidaya Ikan Nila tidak memerlukan biaya yang terlalu tinggi, karena bibit yang digunakan juga sudah berupa bibit unggul. Anda juga bisa membuat sendiri pakan organic yang murah meriah di kolam halaman rumah.

3.2 Saran

Pembuatan isi makalah budidaya ikan nila yang benar ini masih jauh dari kata sempurna. Penyusun berharap adanya kritik dan saran dari para pembaca.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Hal ini berisikan mengenai berbagai macam sumber buku, journal, maupun internet yang digunakan pada saat pembuatan makalah Budidaya Ikan Nila.

Posting Komentar untuk "Budidaya Ikan Air Tawar Nila yang Mudah dan Berbiaya Rendah"