Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat, Poin Penting dan Alur dalam Latar Belakang

Cara Membuat & Poin Penting dalam Latar Belakang

Source : quipper.com


Nah, biar latar belakang kamu enggak salah tulis, berikut ini ada beberapa poin penting yang harus kamu perhatikan ketika menulis latar belakang.


  1. Kondisi ideal tentang bagaimana seharusnya suatu keadaan berjalan, bisa ditulis dalam bentuk visi dan misi yang hendak dicapai.
  2. Kondisi faktual tentang keadaan yang benar-benar terjadi saat ini, bisa berupa masalah sehingga menjadi dasar dibuatnya suatu penelitian atau kegiatan. Kamu bisa memberikan data atau fakta terkait supaya lebih kredibel, Quipperian.
  3. Membahas penelitian yang sudah pernah dilakukan oleh peneliti baik dari negara atau tempat lain tentang topik terkait.
  4. Jika karya ilmiah kamu punya kelemahan, dalam latar belakanglah kamu harus menjelaskan kelemahan tersebut.
  5. Tujuan penelitian, di mana kamu membahas permasalahan karya ilmiah lebih detail dan dalam.
  6. Metode penelitian yang digunakan dalam karya ilmiah.
  7. Perumusan singkat mengenai pertanyaan penelitian.
  8. Solusi berupa saran singkat atau penawaran solusi terhadap masalah sebelum lanjut ke pokok pembahasan.

Alur dalam Membuat Latar Belakang

Source : quipper.com


Biar kamu enggak pusing, Quipperian, penulisan latar belakang dibagi ke dalam 3 bagian (tapi masih dalam satu bab, ya!). Bagian pertama adalah di mana kamu menjelaskan tentang masalah yang akan diangkat (kalau lihat di atas, poin nomor 1).


Kemudian, bagian kedua adalah penjelasan mengenai isi yang berupa fakta, data, fenomena, dan pendapat ahli terkait karya ilmiah kamu. Di sini kamu akan menjelaskan pula kelemahan penelitian, tujuan, metode, dan pertanyaan penelitian.


Kemudian bagian terakhir, berupa saran atau alternatif penyelesaian masalah yang nantinya akan jadi pokok pembahasan dalam karya ilmiah kamu.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat, Poin Penting dan Alur dalam Latar Belakang"