Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Laporan Kegiatan Kunjungan Wisata

Contoh Laporan Kegiatan Kunjungan Wisata

Source : rahasiabelajar.com



Laporan Perjalanan Wisata


Study Tour SMA N 7 Bekasi ke Yogyakarta


Disusun Oleh:


Ahmad


Manarul


Hakim


 


PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah


Yogyakarta atau banyak orang sering menyebutnya dengan kata Jogja adalah salah satu provinsi di Indonesia dan termasuk salah satu dari 7 Daerah Istimewa selain Aceh, Berau, Bulongan, Kalimantan Barat, Kutai, dan Surakarta, yang sampai sekarang hanya tersisa 2 kota saja yaitu Yogyakarta dan Aceh.


Dinamakan Daerah Istimewa karena bentuk pemerintahan yang berada di daerah tersebut sedikit berbeda dengan yang ada di pusat.


Kita semua telah mengetahui bahwa di Yogyakarta sendiri masih terdapat kerajaan yang sekarang dipimpin oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X. Tetapi kerajaan tersebut tidak serta merta menjadikan Jogja keluar dari Indonesia, maka karena hal tersebut dijadikanlah Jogja sebagai Daerah Istimewa.


Study tour merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh SMA N 7 Bekasi, khususnya untuk siswa kelas XI.


Kegiatan ini secara khusus dimaksudkan untuk membuka wawasan siswa tentang pengetahuan di luar kelas.


Yogyakarta menjadi tujuan karena terdapat berbagai macam tempat yang bisa menambah pengetahuan siswa; baik itu sejarah, budaya, tempat-tempat penting, dll.


Dalam kegiatan tersebut seluruh siswa diwajibkan membuat laporan perjalanan study tour yang menjelaskan tentang kegiatan-kegiatan sebagai pertanggung jawaban dan sebagai media pembelajaran bagi para siswa peserta study tour.


B. Tujuan


Tujuan kegiatan study tour dan laporan perjalanan ini adalah:


Menambah wawasan siswa mengenai seputar Yogyakarta.

Sebagai sarana pengenalan siswa dengan budaya lain yang beragam.

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara langsung dengan sumber ajar.

Rekreasi sebelum diadakan UAS dan naik ke kelas XI1.

Memberikan pengalaman kepada siswa peserta study tour.

C. Waktu dan Tempat Kegiatan Study Tour


Kegiatan study tour ini dilaksanakan pada:


Hari, tanggal: Senin, 23 November 2017 – Rabu, 25 November 2017


Lokasi: Yogyakarta


D. Peserta Study Tour


Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa SMA N 7 Bekasi kelas XI beserta wali kelasnya.


E. Pembiayaan

Biaya dalam melakukan perjalanan wisata study tour ini sebesar Rp.400.000,- dengan rincian sebagai berikut:


Transportasi: Rp.200.000,-

Harga tiket masuk: Rp.100.000,-

Makan dan Minum: 100.000,-

Sumber dana kegiatan ini sebagian berasal dari iuran para siswa dan dipotong dari tabungan siswa sebanyak 25% dari total pembiayaan yang harus dibayarkan.


ISI LAPORAN PERJALANAN WISATA STUDY TOUR


A. Laporan Perjalanan Study Tour


Kami, dari SMA N 7 Bekasi mengadakan study tour ke Yogyakarta pada tanggal 23 November 2017 selama 3 hari dua malam; berakhir di tanggal 25 November 2017.


Dari Bekasi ke Yogyakarta kami menggunakan Bus Pariwisata Sinar Jaya. Semua siswa duduk di kursi paling depan sementara guru dan staff TU yang mengikuti kegiatan ini duduk di kursi belakang. Kami dijadwalkan berangkat tanggal 23 November pukul 10:00 WIB.


Tetapi sebelum itu siswa peserta sudah terlihat banyak berkumpul dan bergembira.


Bus baru diberangkatkan pukul 10:30 WIB dikarenakan ada kendala dalam administrasi presensi siswa.


Lama perjalanan yang kami tempuh dari Bekasi sampai di lokasi penginapan adalah sekitar 10 jam. Jadi kami tiba pukul 20:30 WIB.


Setelah sampai di lokasi penginapan, kami diizinkan untuk melakukan kegiatan pribadi.


Malam harinya kami diajak jalan-jalan ke daerah Malioboro, melihat pentas seni jalanan yang telah biasa digelar setiap hari.


Di sana kami diwajibkan untuk mewawancarai salah satu anggota pementas seni dan mengajukan pertanyaan mengenai beberapa hal yang jawabannya terlampir di akhir laporan ini.


Pertanyaannya adalah:


Apa nama pentas yang tadi dilakukan?

Bagaimana sejarahnya?

Sudah berapa lama mementaskan seni tersebut?

Kami berjalan-jalan sambil mengedukasi diri sendiri tentang Malioboro, tentang 0 km Jogja, dll.


Guru membatasi kegiatan malam itu sampai pukul 23:00, maka setelah waktu habis kami langsung kembali ke penginapan untuk beristirahat untuk kemudian besok paginya kami melakukan study tour ke Istana Kepresidenan Yogyakarta (Gedung Agung), Universitas Negeri Yogyakarta, dan Candi Borobudur.


B. Objek yang Diamati


Objek-objek yang kami amati selama perjalanan wisata study tour ini beraneka ragam, dan inilah hasil dari analisis kelompok kami.


a. Gedung Agung


*foto*


Gedung Agung juga dikenal dengan nama Istana Yogyakarta. Menurut informasi, istana ini menempati lahan seluas 43.000 m lebih.


Gedung utama kompleks Istana Yogyakarta mulai dibangun pada bulan Mei 1824 yang diprakarsai oleh Residen Yogyakarta ke-18.


Saat ini Gedung Agung dijadikan kediaman dan kantor resmi Presiden ketika berkunjung ke Yogyakarta, selain itu juga menjadi tempat di mana tamu-tamu negara akan menginap.


b. Malioboro


*foto*


Malioboro adalah sebuah jalan lurus yang menurut narasumber kami membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta yang secara utuh, jalan ini menggabungkan tiga jalan yakni Jalan Margo Mulyo, Margo Utomo, dan Malioboro itu sendiri.


Di kawasan tiga jalan tersebut ada beberapa objek bersejarah yang masih berdiri kokoh di antaranya, Stasiun Tugu, Tugu Yogyakarta, Gedung Agung, Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg, dan Monumen Serangan Oemoem 1 Maret.


c. Universitas Negeri Yogyakarta


*foto*


(tuliskan tentang UNY berdasarkan apa yang telah kamu amati)


d. Candi Borobudur


*foto*


(tuliskan seputar Candi Borobudur berdasarkan apa yang telah kamu amati)


PENUTUP


A. Simpulan


Berdasarkan pengalaman yang telah kami dapatkan dari perjalanan wisata study tour ke Yogyakarta ini, dapat diambil kesimpulan bahwa Indonesia, khususnya Yogyakarta, memiliki tempat bersejarah yang masih belum pas jika tidak sampai bertemu dengan narasumbernya secara langsung, dan bertanya tentang pendapat mereka mengenai sejarah tersebut.


B. Saran


Perjalanan wisata study tour ini sangat bermanfaat untuk siswa, sangat baik apabila terus dilaksanakan dari tahun ke tahun dengan tujuan yang berbeda dan yang kaya akan sejarah dan ilmu pengetahuan agar wawasan siswa meningkat.


LAMPIRAN-LAMPIRAN


(sertakan lampiran bila tersedia, misalkan jawaban atas pertanyaan di atas, foto-foto saat kegiatan dilakukan, dll.)

Posting Komentar untuk "Contoh Laporan Kegiatan Kunjungan Wisata"