Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Latar Belakang Makalah Tentang Sosial Media

Contoh Latar Belakang Makalah Tentang Sosial Media

Source : pastiguna.com


IMPLIKASI PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA TERHADAP PENURUNAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA


Latar Belakang


Kemajuan di dunia informasi dan teknologi sangat pesat pada dasawarsa terakhir sejak dimulainya era millennium. Kemajuan itu salah satunya ditandai dengan keberadaan internet yang menyediakan berbagai layanan. layanan yang dihadirkan internet sejatinya sangat bermanfaat dan membantu bagi kehidupan manusia. Mulai dari akses data, informasi aktual, iklan, komunikasi, dan masih banyak lagi. Selain kegunaannya tersebut, keistimewaan lain internet adalah penggunaannya dan kemudahan akses yang bisa dilakukan siapapun mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Maka bukan hal yang asing jika internet telah menjadi pengguna publik sebagian besar masyarakat Indonesia.


Adanya internet telah menghadirkan nuansa tersendiri di tengah masyarakat sebab selalu mengikuti kemajuan teknologi. Peningkatan fasilitas demi menambah kepuasan pelanggan menjadi sisi yang paling diunggulkan. Hal ini tentu saja semakin memantapkan posisinya sebagai bagian integral masyarakat. Bahkan, Ia telah menjadi bagian hidup masyarakat masa kini, tidak hanya untuk rujukan informasi, namun juga gaya hidup dan kebudayaan.


Aplikasi yang ditawarkan oleh internet yang sekarang digemari adalah sosial media. Layanan sosial media menyediakan jaringan pertemanan yang digunakan sebagai media komunikasi dunia maya yang menghubungkan jutaan penggunanya dari berbagai penjuru dunia. Hal ini membuat sosial media sebagai alat komunikasi modern tanpa batas sebab mengabaikan jarak, waktu, dan tempat.


Hadirnya sosial media di dalam masyarakat menjadi sebuah fenomena yang menandai babak baru kehidupan modern. Keberadaannya bisa menggantikan peran silaturahmi di tengah masyarakat karena fasilitasnya yang bisa menghubungkan orang per orang secara leluasa. Dari sini ditemukan bahwa para pengguna sosial media kini lebih memilih menjalin komunikasi dengan memanfaatkan situs ini. Mereka cenderung melihat sisi praktis dan efektif karena tidak harus menyesuaikan diri sebagaimana tatanan berkomunikasi secara langsung. Hal ini seperti diungkap Dr. Sigman, seorang peneliti dari Institut of Biology Inggris yang menemukan bahwa para pengguna sosial media pada akhirnya hanya tertarik pada dunia artifisial sehingga lama-kelamaan akan menemui kesulitan dalam berkomunikasi secara face-to-face. Hal itu terjadi disebabkan selama ini mereka menjalin komunikasi yang kering dalam dunia maya sehingga akan mengalami kesulitan jika harus berkomunikasi dalam dunia nyata.


Kenyataan di atas adalah sisi negatif dari penggunaan sosial media bagi masyarakat penggunanya. Adanya kecenderungan menjadikan seseorang individualis dan introvert (menutup diri terhadap lingkungannya) adalah sisi lain yang patut disayangkan. Padahal seharusnya kemajuan teknologi tidaklah menjadi penyebab perubahan konsep-konsep mendasar yang dimiliki masyarakat. Kenyataan lain ditemukan bahwa demam sosial media juga telah berdampak besar bagi dunia pendidikan. Hal ini tidak terlepas dari masyarakat penggunanya yang kebanyakan dari kalangan pelajar. Dari sini diungkap fakta yang cukup memilukan dimana ada kecenderungan pelajar yang gemar mengakses sosial media, prestasi akademiknya menurun. Hal itu terjadi sebagai akibat mereka disibukkan dengan update statusnya, mengomentari status dan foto orang lain, chatting, dan sebagainya yang sangat menyita waktu. Kebanyakan mereka melakukan hal tersebut diluar kendali karena menganggap aktivitas itu sama sekali tidak mengganggu aktivitas lainnya. Padahal sejatinya banyak waktu yang terbuang demi menulis, mengomentari hal-hal sepele yang jauh dari dikatakan intelek. Hal ini sebagaimana diungkapkan Frank (2009:32) yang menyatakan bahwa pengguna sosial media, kemungkinan besar selalu ingin mengetahui statusnya setiap hari sehingga tanpa disadari menyita waktu. Mereka terpicu untuk menulis hal-hal yang kurang penting, membaca hal-hal yang sepele, dan juga berpikir secara tak cerdas. Berkaitan dengan hal ini, tentu saja secara otomatis berimbas pada penurunan prestasi akademik karena dijumpai realita pelajar yang kecanduan sosial media mengalami kesulitan dalam memusatkan perhatian dan konsentrasinya dalam menerima pelajaran. Fokus perhatiannya hanya tertuju pada sosial medianya. Belum lagi ditambah berkurangnya waktu belajar karena digunakan untuk berlama-lama dalam laman ini.


Fenomena tentang sosial media layak untuk dikaji secara ilmiah mengingat keberadaannya begitu sentral dalam masyarakat. Apalagi mengingat perannya yang tidak sedikit dalam kehidupan pelajar khususnya mahasiswa. Hal ini patut dikaji secara teoritis berkenaan dengan kedudukan dan implikasinya dalam kehidupan mahasiswa. Semua ini berangkat dari asumsi yang melihat kemajuan sosial media di kalangan pelajar yang kini mulai tidak sehat. Sosial media disinyalir menjadi penyebab penurunan prestasi akademik mahasiswa penggunanya. Oleh karena itu pembuktian secara ilmiah diperlukan untuk keakuratan informasi yang bisa dipertanggungjawabkan serta menjauhi penyataan yang bersifat rekaan.


Berdasarkan uraian di atas, masalah yang akan dibahas dalam makalah ini meliputi (1)…..; 2) …..dan. Adapun tujuan penulisan makalah ini meliputi (1) mendeskripsikan kedudukan internet bagi mahasiswa.


Posting Komentar untuk "Contoh Latar Belakang Makalah Tentang Sosial Media"