Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Latar belakang skripsi Judul: Globalisasi Budaya dalam Perluasan Sister Group AKB48 di Mancanegara

Latar belakang skripsi Judul: Globalisasi Budaya dalam Perluasan Sister Group AKB48 di Mancanegara

Source : .gramedia.com


Judul: Globalisasi Budaya dalam Perluasan Sister Group AKB48 di Mancanegara


Kesuksesan Jepang yang sangat membawa berpengaruh bagi dunia adalah budaya populer Jepang, atau yang dikenal sebagai Japanese Pop Culture. Budaya populer Jepang mulai menyebar luas ke masyarakat dunia pada akhir dekade 1980.


Budaya populer Jepang meliputi anime, manga, idol group dan J-pop (Japanese Pop). Berkembangnya budaya populer Jepang tidak terlepas dari peran media untuk menyebarluaskan informasi mengenai budaya populer Jepang ke kancah dunia, media tersebut diantaranya adalah media cetak koran, majalah; media elektronik seperti TV dan radio ; media interaktif yaitu internet; hingga media alternatif seperti film layar lebar.


Sejak tahun 2000 hingga saat ini, budaya pop Jepang yang sedang populer di kalangan masyarakat Jepang maupun luar Jepang adalah idol group.


Idol group merupakan salah satu unsur dalam pop culture Jepang. Melalui pop culture nya Jepang berusaha untuk menarik masyarakat dunia untuk lebih mengenal negaranya hingga akhirnya Jepang dapat menggunakan budaya tersebut sebagai bentuk soft power. AKB48 adalah salah satu idol grup wanita yang meraih popularitas tinggi di Jepang.


Sejak debut pertamanya di tahun 2005, AKB48 semakin menyita antusias penggemarnya hingga di berbagai negara.


Hingga akhirnya terbentuknya grup saudari nya atau yang biasa dikenal dengan sister group di Sakae, Nagoya pada tahun 2008 dengan nama SKE48. Sister group seperti itu akhirnya bermunculan juga di daerah lain bahkan hingga ke negara lain, seperti di Indonesia dengan nama JKT48, di Taiwan dengan nama TPE48, di Filipina dengan nama MNL48, dan di Thailand dengan nama BNK48.


Budaya populer idol group Jepang mulai terkenal karena adanya agensi terkenal di Jepang yang menaungi idol group pria yang dibentuk oleh Johnny Kitagawa, yaitu Johnny’s Associates, yang beberapa idol group-nya seperti Arashi dan Hey! Say! JUMP pernah melakukan tur konser di beberapa negara Asia.


Kemudian, budaya idol group Jepang di mancanegara semakin berpengaruh setelah 48 group (perusahaan yang menaungi idol group AKB48) membentuk sister group atau grup saudari di sejumlah negara Asia. Oleh karena itu, dengan adanya sister group AKB48 yang tersebar di mancanegara, penulis ingin meneliti globalisasi budaya Jepang dalam perluasan sister group AKB48, serta pengaruh dan dampak dengan adanya sister group tersebut.


Masalah penelitian dalam makalah ini adalah pengaruh dan dampak globalisasi dalam memperluas budaya Jepang melalui sister group AKB48 di mancanegara. Variabel utama yang diteliti dalam makalah ini adalah pengaruh dan dampak globalisasi budaya. Unit analisis dalam penelitian ini adalah sister group AKB48.


Berdasarkan masalah penelitian yang telah dipaparkan di atas, tujuan penelitian ini adalah menganalisis dan melihat pengaruh dan dampak globalisasi dalam penyebaran budaya Jepang melalui sister group AKB48.


Dengan menganalisis bagaimana pengaruh dan dampak globalisasi, penulis akan menggunakannya untuk melihat penyebaran budaya Jepang di mancanegara melalui salah satu unsur pop culture Jepang, yaitu idol group.

Posting Komentar untuk " Latar belakang skripsi Judul: Globalisasi Budaya dalam Perluasan Sister Group AKB48 di Mancanegara"