Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Kegiatan Pelatihan Pembasmian Hama Metode Alami

Laporan Kegiatan Pelatihan Pembasmian Hama Metode Alami

Source : mamikos.com


Latar Belakang

Kegiatan pertanian merupakan kunci ketahanan pangan di Indonesia. Majunya sektor pertanian dipengaruhi proses persiapan dan produksi yang maksimal. Di Kelurahan Karang, seluruh petani sudah menggunakan metode modern untuk memaksimalkan hasil pertanian. Namun, adanya hama wereng dan hama belalang membuat hasil panen menjadi menurun.


Selama ini petani menggunakan insektisida untuk membasmi hama tersebut. Namun, penggunaan pestisida tidak efektif karena hama belalang justru mengalami resistensi. Penggunaan insektisida yang terus-menerus juga dapat berpengaruh pada kesehatan konsumen. Oleh karena itu, diperlukan penanganan yang tepat terhadap hama agar tidak merusak kualitas panen. Salah satu solusi yang ditawarkan adalah menggunakan predator alami.


Tujuan

Membantu petani meningkatkan produksi hasil panen.

Mengurangi dampak negatif insektisida yang mungkin akan ditimbulkan.

Mengenalkan petani pada metode pembasmian hama terbaru.


Metode Pelatihan

Kegiatan pelatihan akan dilakukan dengan sistem tatap muka secara langsung.


Waktu dan Tempat

Hari, Tanggal: Minggu, 29 Maret 2020

Tempat: Balai Desa Karang, Sleman


Peserta Pelatihan

Pelatihan ini diikuti oleh kelompok tani Karang, Sleman. Sebanyak 40 kelompok tani (ketua, pengurus, anggota kelompok) mengikuti kegiatan pelatihan. Dihadirkan narasumber dari Kantor Inovasi. Selain itu, dihadirkan pula pegawai Dinas Pertanian Karang.


Materi Pelatihan

Materi pelatihan pembasmian hama metode alami mencakup penjelasan tentang jenis-jenis hama. Dijelaskan pula dampak positif dan negatif penggunaan predator alami untuk membasmi hama.


Pelaksanaan Kegiatan

Pelaksanaan kegiatan sedikit tertunda karena narasumber terlambat hadir. Selain itu, kegiatan praktik di lapangan juga tertunda karena cuaca kurang mendukung. Secara umum peserta kelompok tani sudah mengetahui seluk beluk predator alami untuk memangsa hama di ladang.


Penutupan

Acara pelatihan ini ditutup dengan pembagian buku pedoman pemberantasan hama secara alami.


Kesimpulan

Kegiatan pelatihan pembasmian hama sudah berjalan baik meskipun terdapat kendala selama proses pelaksanaan.

Posting Komentar untuk "Laporan Kegiatan Pelatihan Pembasmian Hama Metode Alami"