Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu di Bukit Merapi

Laporan Kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu di Bukit Merapi

Source : mamikos.com


Latar Belakang

Kegiatan pramuka merupakan bentuk pendidikan kepanduan di Indonesia. Kegiatan tersebut tidak bisa dipisahkan dari pendidikan nasional. Tujuan adanya gerakan pramuka adalah memperkuat potensi sosial, spiritual, fisik, dan intelektual. Selain itu, pramuka juga diperlukan untuk mempersiapkan siswa agar siap menjadi anggota masyarakat yang bermanfaat. Kegiatan pada pramuka dapat memupuk sifat mandiri, disiplin, serta bertanggung jawab.


Kegiatan pada gerakan pramuka menjadi wadah untuk mengembangkan diri. Semua anggota pramuka harus terlibat secara aktif dalam berbagai kegiatan. Harapannya, kualitas anggota pramuka dapat meningkat dan mampu bersaing. Untuk mendukung ketercapaian rencana tersebut, dilakukan kegiatan perkemahan selama dua hari. Perkemahan SMP Negeri 1 Malang dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu, 14-15 Maret 2020 di Bukit Merapi.


Sasaran Kegiatan

Sasaran kegiatan perkemahan SMP Negeri 1 Malang disusun oleh panitia Gerakan Pramuka Gugus Depan. Siswa dan siswa yang mengikuti kegiatan adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Malang.


Manfaat Kegiatan

Kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu SMP Negeri 1 Malang diharapkan mampu:

Mengukur kemajuan kegiatan ekstrakurikuler Gerakan Pramuka di SMP Negeri 1 Malang Meningkatkan kapasitas anggota Gerakan Pramuka Gugus Depan SMP Negeri 1 Malang sesuai dengan tingkatannya masing-masing.

Meningkatkan kualitas siswa pada kegiatan kepramukaan.


Pembiayaan Kegiatan

Kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu SMP Negeri 1 Malang dibiayai oleh pihak sekolah.


Agenda Kegiatan

Agenda kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu SMP Negeri 1 Malang terdiri dari:

• Pelatihan mendirikan tenda

• Pelatihan tali temali

• Pelatihan bertahan hidup

• Pemberian materi


Waktu

Kegiatan dilakukan pada hari Sabtu dan Minggu (08.00 – 22.00). Setiap anggota pramuka wajib menandatangani presensi dan tidak diperkenankan meninggalkan area perkemahan.


Tempat

Perkemahan Sabtu-Minggu SMP Negeri 1 Malang dilaksanakan di Bukit Merapi. Proses penyampaian materi tertulis dilakukan di pendopo dengan sarana dan prasarana penunjang. Proses penyampaian materi tidak tertulis dilakukan di lapangan.


Hasil Kegiatan

Berdasarkan kegiatan yang telah dilakukan, jumlah siswa yang mengikuti Perkemahan Sabtu-Minggu SMP Negeri 1 Malang 150 anak. 75% siswa mampu menerapkan pengetahuan pramuka untuk bertahan hidup. 25% siswa lainnya memerlukan pendampingan khusus yang perlu dievaluasi secara berkala.


Hambatan Kegiatan

Banyak siswa izin karena sakit.

Kondisi cuaca tidak mendukung karena hujan sejak pagi, sehingga kegiatan di luar ruangan ditiadakan.

Beberapa tenda roboh dan membutuhkan waktu untuk mendirikannya kembali.

Siswa tidak percaya diri ketika diminta mengikuti suatu kegiatan.


Kesimpulan

Kegiatan pramuka berupa perkemahan selama dua hari sudah berjalan optimal, namun perlu perbaikan untuk kegiatan selanjutnya. Lokasi perkemahan juga perlu dipertimbangkan apalagi jika perkemahan dilaksanakan pada musim hujan.

Posting Komentar untuk "Laporan Kegiatan Perkemahan Sabtu-Minggu di Bukit Merapi"