Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Laporan Kegiatan Kunjungan Akademik

Laporan Kegiatan Kunjungan Akademik

Source : mamikos.com


Kata Pengantar

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas limpahan rahmat-Nya, laporan pertanggungjawaban kegiatan Kunjungan Akademik HM-PS Pendidikan Biologi pada akhirnya bisa kami selesaikan. Laporan pertanggungjawaban ini kami susun sebagai bukti pertanggungjawaban kami sebagai pengurus HM-PS Pendidikan Biologi dalam setiap pengadaan acara.


Ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Kaprodi Pendidikan Biologi, bapak pembantu dekan III serta segenap dosen dan jajaran karyawan Fakultas Sains dan Teknologi yang telah banyak membantu kami dalam persiapan pembentukan acara ini. Tidak lupa juga ucapan terima kasih kami sampaikan kepada teman-teman pengurus HM-PS Pendidikan Biologi yang telah bersedia hadir dan merumuskan program kerja HM-PS Pendididkan Biologi baru untuk masa kerja setahun kedepan periode 2019-2020 dapat berjalan lancar dan sukses.


Laporan ini berisi tentang rangkuman acara yang telah panitia susun dari awal acara hingga berakhirnya acara. Selain itu laporan ini juga mencakup laporan keuangan yang digunakan selama acara yang tersusun dalam surat pertanggung jawaban yang terlampir.

Akhir kata, kami berharap semoga laporan ini membawa manfaat bagi para pembaca. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini masih banyak sekali kelemahan dan kekurangan, maka dari itu kami mengharapkan saran dan kritik dari semua pihak untuk kesempurnaan penyusunan laporan kami selanjutnya. Terimakasih


Yogyakarta, 8 April 2020

Penyusun


Surat Pernyataan Tanggung Jawab Ketua Panitia Kegiatan Kunjungan Akademik


Yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama: Maulana Muhammad

NIM: 12680036

Prodi/Fakultas: Pendidikan Biologi/Sains dan Teknologi

Dengan ini menyatakan bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan Kunjungan Akademik HM-PS Pendidikan Biologi yang telah dilaksanakan pada 5-7 Maret 2020. Laporan pertanggungjawaban ini juga merupakan bukti tanggung jawab saya sebagai ketua panitia kegiatan.

Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya. Terimakasih


BAB I

PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Mahasiswa adalah generasi pengubah bangsa. Rasa kritis mahasiswa diperlukan agar hasil pemikiran yang terimplementasi dalam masyarakat tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang ada. Kegiatan pembelajaran di bangku kuliah tidak cukup jika hanya dilakukan di lingkungan kampus dengan metode pengajaran klasikal.


Mahasiswa perlu dibekali kemampuan untuk dapat terjun ke lapangan sesuai bidangnya masing-masing, salah satunya dengan melakukan observasi di lingkungan yang baru. Tanpa adanya observasi secara langsung terkait pembelajaran di luar paradigma yang biasa digunakan, mahasiswa akan mengalami kesulitan dalam menentukan variasi pembelajaran.


Melihat situasi pendidikan di Indonesia, perbaikan pendidikan dapat terwujud dengan penerapan metode pendidikan yang tepat. Dengan adanya kegiatan kunjungan akademik, diharapkan kegiatan tersebut mampu menambah wawasan dan pengetahuan, khususnya bagi mahasiswa pendidikan biologi untuk mampu berpikir kritis di luar paradigma dan menciptakan pendidikan berkarakter keindonesiaan, serta melakukan inovasi terhadap pelaksanaan pembelajaran.


B. Dasar Kegiatan

1.AD/ART HM PS Pendidikan Biologi tahun 2019

2.GBHO HM PS Pendidikan Biologi tahun 2019

3.Tri Dharma Perguruan Tinggi

4.Program Kerja HM PS Pendidikan Biologi periode 2019-2020

5.Hasil keputusan rapat pleno pengurus HM PS Pendidikan Biologi


C.Nama Kegiatan

Kegiatan Ini diberi nama Kunjungan Akademik Pendidikan Biologi Tahun 2020

“ Menggali Inspirasi di Luar Paradigma Global untuk Pendidikan yang Benilai Keindonesiaan”


D. Waktu dan Tempat Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan ini adalah pada :

Hari/ Tanggal: Jumat-Minggu, 5-7 Maret 2020

Waktu: 20.00-06.00

Tempat : 1. Kunjungan ke Universitas Negeri Surabaya

2. Kunjungan ke Sekolah Alam Insan Mulia

3. Wisata Kota Batu


E. Maksud dan Tujuan

Pelaksanaan kegiatan ini dimaksudkan untuk:


1.Menjalin relasi dan komunikasi antar instansi pendidikan

2.Bertukar informasi program kerja HM-PS Pendidikan Biologi

3.Menambah wawasan mahasiswa terkait pembelajaran biologi yang lebih berkarakter, inovatif dan inspiratif.


F. Penyelenggara

Penyelenggara kegiatan Kunjungan Akademik adalah Pengurus HM PS Pendidikan Biologi periode 2019-2020.


G. Peserta

Peserta Kunjungan Akademik adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi yang mendaftarkan diri kepada panitia penyelenggara.


H. Bentuk Kegiatan

Bentuk kegiatan berupa kunjungan ke instansi pendidikan yang berkaitan dengan Prodi Pendidikan Biologi, yaitu kunjungan akademik ke Universitas Negeri Surabaya dan Sekolah Alam Insan Mulia.


BAB II

PELAKSANAAN KEGIATAN

A. Panitia dan Peserta

a.Panitia

Panitia kegiatan Kunjungan Akademik HM-PS Pendidikan Biologi ini adalah pengurus HM-PS Pendidikan Biologi, Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2012, 2013, dan 2014 (terlampir)

b.Peserta

Peserta yang mengikuti kegiatan Kunjungan Akademik HM PS Pendidikan Biologi ini adalah pengurus HM PS Pendidikan Biologi dan mahasiswa prodi pendidikan biologi aktif (terlampir).


B. Dosen Pendamping

Kegiatan ini didampingi oleh dosen prodi biologi


C.Tempat dan Waktu Pelaksanaan

Waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan ini adalah pada :

Hari/ Tanggal: Jumat-Minggu, 5-7 Maret 2020

Waktu: 20.00-06.00

Tempat:


1. Kunjungan ke Sekolah Alam Insan Mulia

2. Kunjungan ke Universitas Negeri Surabaya

3. Wisata Kota Batu Malang


D. Rincian Acara

(terlampir)


E. Rincian Anggaran

Biaya yang diperlukan dalam kegiatan Kunjungan Akademik HM PS Pendidikan Biologi ini sebesar Rp 6.500.000


F. Hambatan

Dari seluruh rangkaian acara yang telah terlaksana, secara garis besar hambatan yang dihadapi adalah sebagai berikut:

1.Penanggulangan anak yang sakit karena tidak membawa obat pribadi, sehingga harus dirawat di rumah sakit

2.Pencarian jalan bus yang sempit karena panitia tidak melakukan survey lokasi terlebih dahulu

3. Beberapa kegiatan tidak berjalan tepat waktu karena sesi foto yang terlalu lama

4.Jumlah peserta yang banyak cukup menyulitkan koordinasi


G. Evaluasi

Kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini dapat dijadikan bahan evaluasi dan pembelajaran untuk kegiatan selanjutnya diantaranya:


a. Perencanaan kegiatan lebih dimatangkan dan koordinasi antarpanitia lebih ditingkatkan.

b. Perlu adanya survey terlebih dahulu oleh panitia, terutama dalam hal pencarian jalan, sehingga jalan yang dilewati bus tidak sempit.

c. Panitia lebih intensif mengingatkan peserta untuk membawa obat pribadi masing-masing.

d.Pematangan persiapan ketika melakukan sosialisasi.

e.Panitia lebih tegas mengingatkan peserta yang terlalu lama berfoto-foto saat kegiatan sudah selesai dilakukan, sehingga seluruh agenda dapat dilakukan tepat waktu.


BAB III

HASIL YANG DICAPAI

1. Kunjungan ke Sekolah Alam Insan Mulia


Kegiatan kunjungan ke Sekolah Alam Insan Mulia dilakukan pada 6 Maret pukul 8-11 siang. Pada kegiatan tersebut dilakukan sosialisasi terkait pembelajaran di Sekolah Alam Insan Mulia sekaligus sharing tanya jawab antar pengurus Sekolah Alam Insan Mulia dengan mahasiswa prodi pendidikan biologi. Topik yang diajukan mengenai konsep sekolah, manajemen sekolah, perkembangan peserta didik, evaluasi, dan sebagainya.


Pembelajaran yang dilakukan di Sekolah Alam Insan Mulia dilakukan dengan terjun langsung ke alam dan disesuaikan dengan jenjang sekolah. Kurikulum dan bentuk evaluasi yang digunakan berbeda dengan sekolah formal lainnya. Meskipun demikian, siswa di sekolah menengah tetap mengikuti ujian nasional. Sekolah Alam Insan Mulia memberikan kesempatan bagi siswanya untuk melanjutkan studi ke luar negeri dengan memfasilitasi mereka melalui kegiatan pelajaran tambahan.


2. Kunjungan ke Universitas Negeri Surabaya


Kegiatan kunjungan ke Kunjungan ke Universitas Negeri Surabaya dilakukan pada 6 Maret 2014 pukul 13.00-16.00. Pada kegiatan tersebut dilakukan sharing terkait perkuliahan yang dilakukan di prodi biologi dan kegiatan yang diadakan himpunan mahasiswa dan BEM di UNESA. Setelah itu, kegiatan dilanjutan dengan kunjungan laboratorium dan fasilitas prodi biologi lainnya.


BAB IV

PENUTUP

A. Kesimpulan

Alhamdulillah kegiatan kunjungan akademik ke Surabaya dan Malang dapat terlaksana dengan baik, meskipun masih banyak ditemukan kekurangan. Kami mohon maaf atas segala kesalahan baik yang disengaja maupun tidak disengaja karena kesempurnaan hanyalah milik Allah dan hendaknya dari setiap kegiatan yang telah dilaksanakan dapat diambil pelajaran untuk menjalani kegiatan yang lain. Atas bantuan dari berbagai pihak, baik dukungan moral maupun materil demi kelancaran dan suksesnya kegiatan ini, kami ucapkan terima kasih.


B. Saran

Kami sadar dalam pelaksanaan acara ini masih terdapat banyak hal yang harus diperbaiki, oleh karena itu, kami selaku panitia dan pengurus HM-PS Pendidikan Biologi memberikan saran untuk kepanitiaan selanjutnya untuk mempersiapkan acara dengan matang dan meningkatkan koordinasi antar peserta dan panitia.

Posting Komentar untuk "Laporan Kegiatan Kunjungan Akademik"