Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Cerpen

Pengertian Cerpen

Source : gramedia.com


Karya sastra berupa cerpen merupakan bentuk prosa yang pendek, sebab jumlah kalimatnya dibatasi. Pembatasan panjang cerpen ini ditujukan agar pembaca bisa menyelesaikannya dalam waktu yang singkat, yaitu sekitar 30 menit hingga 2 jam saja.

Batas panjang maksimal cerpen adalah 20 halaman atau tidak lebih dari 10.000 kata. Inti dari kisah yang diangkat pada cerpen hanya memuat satu permasalahan utama saja. Di samping itu, ciri khas cerpen yang lainnya adalah tidak melibatkan terlalu banyak tokoh di dalamnya.

Alur cerita di dalam karya sastra berbentuk cerita pendek yang biasanya disusun dengan seringan mungkin agar pembaca tidak memerlukan waktu lama untuk memahaminya. Di samping itu, alur yang ringan tersebut juga ditujukan agar tidak membuat konflik yang diceritakan di dalamnya semakin luas.

Cerpen adalah bahan bacaan yang tepat bagi penyuka karya sastra berbentuk prosa, namun tidak menyukai kisah berbelit. Kisah yang diangkat pada cerpen biasanya langsung pada titik utama permasalahan dari tokoh utamanya.

Pengantar yang disajikan dalam cerpen untuk membawa tokoh utama mencapai titik permasalahan pun umumnya dibuat dengan tidak terlalu panjang. Hal ini ditujukan agar pembaca tidak bosan terhadap pengantar tersebut yang malah bisa merusak alur puncak permasalahan.

Berkaitan dengan itu, tentu Anda perlu memahami bahwa, menurut KBBI, cerpen adalah cerita yang menyajikan kesan tertentu dengan memusatkan hanya pada satu tokoh utama saja. Kisah yang diangkat dalam cerpen mempunyai makna tersendiri bagi para pembaca dengan ukuran penulisan relatif pendek.

Posting Komentar untuk "Pengertian Cerpen"